Kejari-Pemkab Sergai Jalin Kerjasama Bidang Datun


187 view
Kejari-Pemkab Sergai Jalin Kerjasama Bidang Datun
(Foto Dok/Kejari Sergai)
PERLIHATKAN : Usai ditandatangani, Kajari Sergai, Mayhardi Indra Putra SH MH didampingi Kasi Datun Tulus Yunus Abdi SH MH dan Kepala Bapenda Sergai, Sri Rahmayani memperlihatkan nota kesepahaman bersama antara Kejari Sergai dan Pemkab Sergai melalui Bapenda, Selasa (21/11/2023).
Sergai (harianSIB.com)
Kejaksaan Negeri (Kejari) Serdangbedagai (Sergai) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menjalin kerjasama bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun).
Penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) antara Kejari dan Pemkab Sergai tersebut dilakukan Kajari Mayhardi Indra Putra SH MH didampingi Kasi Datun Tulus Yunus Abdi SH MH dan Kepala Bapenda Sergai Sri Rahmayani di Aula Adhyaksa Kejarii setempat di Seirampah, Selasa (21/11/2023).
Pada kesempatan itu, atas nama Pemkab Sergai, pihak Bapenda juga menyerahkan surat kuasa khusus (SKK) terkait pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) kepada tim jaksa pengacara negara (JPN) dengan target SKK 172 wajib pajak (WP) dengan total tagihan Rp.3.998.329.775.
Kegiatan juga dirangkai sosialisasi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang diikuti 53 peserta serta dihadiri sejumlah camat.
Kajari Sergai, Mayhardy Indra Putra, Rabu (22/11/2023) mengatakan, kerjasama dengan Pemkab Sergai melalui Bapenda merupakan tugas dan fungsi kejaksaan di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun).
"Terkait peningkatan PAD Sergai, fungsi Kejari Sergai melalui beberapa bidang yang ada di Undang-Undang Kejaksaan adalah di bidang bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Bidang Pidana Khusus, dan Bidang Intelijen," ujarnya.
Mayhardi menyampaikan, pelaksanaan sosialisasi peningkatan PAD Pemkab Sergai sektor PBB-P2 bertujuan sinergitas para stakeholder terkait demi peningkatan PAD Pemkab Sergai.
"Dasar hukum terkait kewenangan pajak daerah dan tugas fungsi kejaksaan dalam mendukung peningkatan PAD yaitu memberikan bantuan hukum non litigasi kepada Pemkab Sergai melalui SKK," jelasnya. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Robert/Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com