Kementan RI Ajak Petani Kopi Toba Mulai Bertani Secara Organik


122 view
Kementan RI Ajak Petani Kopi Toba Mulai Bertani Secara Organik
Foto : HO
Kementan ajak petani kopi Kabupaten Toba tinggalkan pupuk kimia.

Toba (SIB)

Direktur Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian, Baginda Siagian mengajak petani khususnya petani kopi agar memulai bertani secara organik.


Baginda minta petani jangan bergantung lagi dengan pupuk kimia yang saat ini mahal, sebab bahan pokok pembuatan pupuk berasal dari luar negeri.


Hal ini dikemukakan Baginda Siagian saat kunjungan kerja sekaligus sosialisasi Penerapan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) Tanaman Kopi di Desa Gurgur Aek Raja, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Selasa (23/8).


Menurut Baginda, petani kopi menuju pertanian organik jangan terburu-buru.


" Mari memulai dulu secara bertahap baik pemupukan hingga pengendalian hamanya, " ujarnya.


Apa yang ada di lingkungan sekitar,tambahnya, itulah dijadikan pupuk. "Tapi kita berproseslah hingga tidak memakai pupuk kimia lagi," ungkapnya.


Pada kesempatan itu, diserahkan juga bantuan peralatan atau bahan pembuat pupuk dan pestisida secara organik kepada 4 kelompok tani di Desa Aek Raja.


Hadir pada kesempatan itu, Bupati Toba Poltak Sitorus, Kepala Balai Besar Perbenihan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan, Agus Hartono. (G1/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com