Ketua DPRD SU Usulkan ke Gubernur dan Bupati/Wali Kota Sediakan Ruang Kreasi Publik

* Tempat Generasi Muda Salurkan Bakat Agar Terhindar dari “Jeratan” Narkoba

173 view
Ketua DPRD SU Usulkan ke Gubernur dan Bupati/Wali Kota Sediakan Ruang Kreasi Publik
(Foto: Dok/Staf)
SOSPER : Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting  saat melakukan kegiatan Sosper (Sosialisasi Perda) Fasilitasi Penyalahgunaan Narkoba, Sabtu (27/8) di kawasan Medan Polonia.

Medan (SIB)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengusulkan kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan bupati/wali kota se-Sumut untuk menyediakan sarana dan prasarana atau ruang kreasi publik, sebagai tempat para generasi muda menyalurkan bakat, agar terhindar dari "jeratan" narkoba.

Usulan tersebut disampikan Baskami Ginting di hadapan masyarakat dan pemuda saat melakukan Sosper (Sosialisasi Perda) Fasilitasi Penyalahgunaan Narkoba, Sabtu (27/8) di kawasan Medan Polonia.

"Seperti kita ketahui, saat ini mayoritas korban penyalahguna narkoba di kalangan remaja dan generasi muda, akibat tidak ada lagi aktivitas yang positif. Tidak seperti dulu, kebanyakan waktu para pemuda dan pelajar berolah raga, sehingga perlu kita dorong pemerintah mendirikan ruang kreasi publik, agar mereka bisa menyalurkan bakat dan hobinya dalam kegiatan berbagai cabang olah raga," katanya.

Ditambahkan Baskami, saat ini Pemko Medan sedang giat-giatnya mendirikan ruang kreasi publik di tingkat kelurahan, sehingga perlu ditiru oleh berbagai daerah di Sumut, agar para generasi muda aktif melakukan aktivitas yang positif dan tidak lagi terjerembab ke penyalahgunaan narkoba.

Giat antisipasi ini perlu terus digalakkan, ujar politisi PDI Perjuangan Sumut ini, mengingat Provinsi Sumut masih menempati peringkat teratas di seluruh provinsi di Indonesia dalam peredaran barang haram tersebut.

"Untuk mengurangi angka peredaran narkoba ini, diperlukan kerjasama dari semua pihak untuk membatasi dan menyekat para generasi muda agar tidak lagi terjerumus narkoba, dengan mengarahkan melakukan kegiatan olahraga tadi," katanya.

Ditambahkan Baskami, kepolisian memang harus terus melakukan upaya pemberantasan peredaran narkoba, tapi harus dibantu segenap elemen masyarakat, sebab jika hanya mengandalkan penegakan hukum semata, tidak akan maksimal hasilnya.

"Para orang tua khususnya kaum ibu di keluarga harus menjadi benteng dalam menjaga anak-anaknya," jelasnya sembari meminta masyarakat, lebih responsif bila dicurigai di sekitar tempat tinggalnya atau lingkungannya ada praktik peredaran narkoba, segera laporkan ke Kepling, Lurah maupun Babinsa setempat. (A4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com