Pemkab Simalungun Rangkul PT Brigestone Bermitra dengan Petani Karet di Dolok Panribuan


163 view
Pemkab Simalungun Rangkul PT Brigestone Bermitra dengan Petani Karet di Dolok Panribuan
(Foto: SIB/Linggom Parhusip)
TEKEN: Petani karet menandatangani MoU dengan PT Brigestone Sumatera Rabber Estate di Kantor UPTD Pertanian Kecamatan Dolok Panribuan Jalan Parapat Simalungun, Selasa (31/8). 
Tiga Dolok (SIB)
Pemerintah Kabupaten Simalungun merangkul PT Brigestone Sumatera Rabber Estate untuk bermitra dengan para petani karet di wilayah Kecamatan Dolok Panribuan Simalungun ditandai dengan penandatangan kerjasama kemitraan (MoU) di Kantor Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pertanian Kecamatan Dolok Panribuan Jalan Parapat Simalungun, Selasa (31/8).

"Saat ini Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga telah merangkul PT Brigestone untuk bekerjasama dengan petani karet di Kecamatan Dolok Panribuan, agar petani mampu meningkatkan produksi, kualitas sehingga harga karet juga meningkat yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat di Dolok Panribuan," ujar Kepala Dinas Pertanian Simalungun Ir Ruslan Sitepu ketika menyampaikan arahan dan bimbingan.

Sitepu mengatakan, 5 kelompok tani karet di Kecamatan Dolok Panribuan Simalungun telah resmi bermitra dengan perusaahan dan telah selesai meneken kesepakatan kerjasama kemitraan (MoU) dengan pihak PT Brigestone untuk bermitra selama tiga tahun ke depan.

"Petani karet akan mendapatkan sosialiasi, bimbingan, bantuan pupuk, bibit dan alat-alat penderes serta produksi karet akan ditampung dan disalurkan melalui perusahaan sesuai dengan harga pasar, tidak melalui agen lagi," harap Sitepu.

Dirinya mengajak para petani karet memanfaatkan momen kerjasama ini dan lebih tekun untuk mengikuti arahan dan bimbingan agar produksi tanam karet terus meningkat. "Kita berharap petani memanfaatkan seluruh bentuk bantuan dari perusahaan agar produksi dan kualitas karet meningkat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Sementara Camat Dolok Panribuan Septiaman Purba didampingi Kepala UPTD Pertanian Dolok Panribuan R Boru Sidabutar mengapresiasi upaya Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan berterimakasih kepada pihak PT Brigestone, karena sejumlah petani karet tani di telah resmi sebagai mitra perusahaan.

"Kita berharap, melalui kerjasama ini, produksi, kualitas dan harga karet semakin meningkat sehingga mampu meningkatkan pendapatan petani di Kecamatan Dolok Panribuan," kata Purba.

Disampaikannya, seluas 225 hektar tanaman karet yang tersebar di 15 desa di wilayah binaannya, 46 hektar diantaranya telah terdaftar sebagai mitra PT Brigestone untuk tiga tahun ke depan."Kita berharap petani karet lain juga dapat bermitra dengan perusahaan agar dapat meringankan beban petani untuk memenuhi kebutuhan tanaman," tambah Boru Sidabutar.

Manajemen PT Brigestone Sumatera Rabber Estate melalui Staff Plasma Project, L Sihotang menyampaikan 5 kelompok tani karet di Kecamatan Dolok Panribuan telah resmi bermitra dengan perusahaan dan sesuai isi MoU, perusahaan akan membantu para petani untuk mencukupi kebutuhan tanaman karet yakni, pupuk, bibit, alat penderes dan bimbingan kepada petani untuk tiga tahun ke depan serta pihaknya juga bersedia menampung hasil produksi karet dari mitra-mitra perusahaan.

"Kita akan rutin memonitoring, memberikan sosiliasi dan bimbingan agar produksi dan kualitas tanaman karet milik mitra perusahaan dapat meningkat," ungkap Sihotang. (D9/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com