Perusda Pertanian Taput Mampu Jadi Penyedia Beras ke E Warung Seluruh Taput


379 view
Perusda Pertanian Taput Mampu Jadi Penyedia Beras ke E Warung Seluruh Taput
Foto : Dok/ Dirut Perusda Pertanian Taput
Stok beras merk Natabo di Perusda Pertanian Taput
Tapanuli Utara (harianSIB.com)

Perusahaan Daerah (Perusda) Pertanian Tapanuli Utara yang merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BMUD) milik Pemerintah Kabupaten Taput, mampu menjadi penyedia beras ke E-Warung seluruh kecamatan di Taput untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) paket sembako.

Direktur Umum Perusda Pertanian Taput, Janpiter Lumbantoruan yang dihubungi harianSIB.com, Rabu (21/4/2021), mengatakan, pihaknya merasa kecewa karena hanya E-Warung di 6 kecamatan yang meminta Perusda Pertanian sebagai penyedia beras untuk BPNT. Padahal, Perusda Pertanian mampu menjadi penyedia beras di E-Warung seluruh Taput untuk BPNT.

"Kita sebagai perusahan BMUD milik Pemkab Taput dan selama ini menjadi distributor beras merk Natabo. Di waktu pengusulan ke Dinas Sosial Taput, kita sudah mengusulkan supaya menjadi penyedia beras di E- Warung seluruh Taput. Namun dari 15 kecamatan di Taput, hanya E-Warung di 6 kecamatan yang meminta Perusda Pertanian sebagai penyedia beras," katanya.

Ia juga mengatakan, saat bansos dari Provinsi Sumatera Utara tahun 2020, Perusda Pertanian menjadi penyedia beras untuk seluruh E-Warung di Taput.

"Namun di tahun 2021 ini, hanya 6 kecamatan. Padahal, harga beras kualitas premium yang ditawarkan Perusda Pertanian sama harganya dengan pemasok beras dari luar Taput yakni Rp 10.500," ujarnya.

Janpiter menambahkan, beras yang didistribusikan Perusda Pertanian di enam kecamatan yakni Pagaran, Sipoholon, Sipahutar, Muara, Purba Tua dan Pahae Jae.

"Untuk 6 kecamatan itu, kuota beras yang sudah kita distribusikan sebanyak 65,4 ton untuk Maret dan April serta siap dalam seminggu," katanya.

Untuk bantuan sosial Provinsi Sumut pada 2020, ia menjelaskan, Perusda Pertanian dalam dua minggu mampu mendistribusikan 270 ton beras kualitas premium ke seluruh E-Warung di Taput.

"Bila Perusda Pertanian ditunjuk sebagai pemasok beras ke seluruh kecamatan di Taput, jelas akan memberikan peningkatan PAD buat Taput," katanya

Menurut dia, para petani juga akan terbantu. Sebab, gabah yang dibeli Perusda dari petani.

"Beras merk Natabo yang dipasarkan Perusda Pertanian tidak hanya di wilayah Taput. Saat ini kita juga sudah menjajaki pemasaran beras Natabo ke Pangkalan Kerinci, Riau, sebanyak 50 ton," katanya.

Kabid Fakir Miskin Dinas Sosial Taput, Ferry Lumbantobing yang dihubungi melalui telepon selulernya menjelaskan, penentu pemasok beras untuk BPNT paket sembako adalah E-Warung.

"Jadi bukan Dinas Sosial. Di peraturan sekarang, E- Warung sudah bisa menunjuk atau menentukan sendiri pemasok beras. Kemarin juga sudah kita sarankan supaya Perusda Pertanian bisa memberikan jaminan kilang padi. Maka kita harapkan, Perusda Pertanian bisa merangkul usaha kilang padi di Taput," katanya. (*)

Penulis
: Bongsu Batara Sitompul
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Tag: BPNT
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com