Pj Wali Kota Imbau Faskes Manfaatkan Cold Storage Kelola Limbah Medis


676 view
Pj Wali Kota Imbau Faskes Manfaatkan Cold Storage Kelola Limbah Medis
Foto: Dok/Dinas Kominfo
SERAHKAN PLAKAT: Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi menyerahkan plakat kepada Direktur Pemasaran PT SDLi, Saleh Avicenna Tani, pada peresmian cold storage, Jumat (18/11/2022), di RSUD dr. Kumpulan Pane.

Tebingtinggi (harianSIB.com)

Pj Wali Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi, mengimbau seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di setiap tingkatan untuk memanfaatkan cold storage dalam pengolahan limbah medisnya.


"Keberadaan cold storage ini membuat perubahan penataan lingkungan hidup dan pengolahan limbah menjadi lebih baik," kata Dimiyathi, pada peresmian cold storage, Jumat (18/11/2022), di RSUD dr. Kumpulan Pane.


Peresmian cold storage tersebut dihadiri perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Sumut, Kadis LH Serdangbedagai, Direktur Rumah Sakit se-Kota Tebingtinggi, Direktur Pemasaran PT SDLi Saleh Avicenna Tani.


Lanjut Dimiyathi, peresmian cold storage tersebut, tindak lanjut kerja sama yang telah dilakukan Pemko Tebingtinggi dengan PT SDLi (Sumatera Deli Lestari Indah).


Kerja sama ini sebagai upaya peningkatan kinerja pengelolaan limbah medis di Tebingtinggi sesuai amanat Permen LHK Nomor 56 Tahun 2015.


Sementara itu, Direktur Pemasaran PT SDLi, Saleh Avicenna Tani mengatakan, cold storage dengan kapasitas 20 meter kubik tersebut merupakan contoh dan bukti nyata dalam penanganan pengelolaan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) medis yang terukur dan dapat memudahkan monitoring serta evaluasi dalam kegiatan yang berbasis risiko pada masyarakat.


"Dapat meminimalkan risiko pencemaran lingkungan dan mencegah dampak pencemaran yang dapat ditimbulkan dalam kegiatan pengelolaan limbah B3 medis dari fasilitas pelayanan kesehatan di Tebingtinggi," katanya.


Saleh Avicenna berharap program ini dapat berkesinambungan secara positif, sehingga menjadi bukti dan warisan sebagai indikator utama dalam mengelola alam serta lingkungan hidup.

Penulis
: Japet Arki Bangun
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com