Plt Wali Kota Pematangsiantar Gelar Rapat Koordinasi Tindak Lanjut PPKM Level 3


348 view
Plt Wali Kota Pematangsiantar Gelar Rapat Koordinasi Tindak Lanjut PPKM Level 3
Foto Dok/Dinas Kominfo Pematangsiantar
RAPAT KOORDINASI : Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani SpA (keempat dari kanan) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) saat menggelar rapat koordinasi, evaluasi dan tindak lanjut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro level 3 di ruang data Sekretariat Daerah Kota Pematangsiantar, Senin (7/3). 

Pematangsiantar (SIB)

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani SpA bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat koordinasi, evaluasi dan tindak lanjut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro level 3 di Kota Pematangsiantar.


"Berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 tahun 2021 tentang penetapan status faktual pandemi Covid-19 di Indonesia, menyatakan, pandemi Covid-19 secara global masih terjadi, termasuk di Indonesia. Sehingga, penanganan Covid-19 masih berlanjut, menyikapi situasi penularan Covid-19 yang disebabkan oleh virus Sars-Cov-2, baik di tingkat global, nasional, provinsi dan daerah sudah mengalami penurunan sejak minggu pertama Maret 2022. Dimana secara nasional, selama pandemi Covid-19, kasus aktif tertinggi terjadi tanggal 15 Februari 2022 yaitu, 57.049 kasus dalam 24 jam, dibandingkan dengan kasus tertinggi pada tanggal 15 Juli 2021 sebanyak 56.757 kasus," kata dr Susanti dalam sambutannya di ruang data Sekretariat Daerah Kota Pematangsiantar, Senin (7/3).


Susanti mengatakan, saat ini Kota Pematangsiantar menerapkan PPKM level 3, tujuannya untuk melakukan upaya dan antisipasi terhadap perkembangan Covid-19 termasuk varian Omicron. Selaras dengan arahan Presiden Republik Indonesia, ada 2 hal yang diprioritaskan harus dilakukan untuk mengurangi laju penularan. Pertama, tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker. Kedua, meningkatkan capaian vaksinasi sesuai target dan sasaran yang telah ditentukan, sehingga diharapkan terbentuk herd immunity masyarakat.


Disampaikan Susanti, capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 83,89 persen, dosis kedua 76,45 persen, dan dosis ketiga diangka 18,1 persen. Berdasarkan data saat ini, sasaran lansia dan masyarakat rentan, umum belum mencapai 70 persen, baik dosis 1 dan 2. Sebab, penanganan pandemi Covid-19 ini tidaklah mudah, karena wabah ini juga mengakibatkan kematian, ketakutan serta terganggunya kehidupan sosial ekonomi masyarakat.


Kesiapan, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia terutama di bidang kesehatan, sarana dan prasarana rumah sakit, tempat isolasi terpusat, ketersediaan BOR tempat tidur pasien Covid-19, alkes yang berfungsi dengan baik, obat-obatan, ketersediaan oksigen, percepatan capaian target vaksinasi serta sosialisasi, edukasi masstve 5M secara kontinuitas, merupakan faktor utama untuk mendukung percepatan penanganan serta penurunan tingkat kasus Covid-19 dan menjadi bagian upaya antisipasi yang harus kita tingkatkan, sehingga visi Pemerintah Kota Pematangsiantar “Terwujudnya Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas" dapat segera terwujud. (D8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com