Pohon Besar Tumbang di Jalinsum Torgamba, Arus Lalulintas Macet 9 Km


166 view
Pohon Besar Tumbang di Jalinsum Torgamba, Arus Lalulintas Macet 9 Km
Foto Istimewa/Hariansib.com
Ribuan kendaraan terjebak kemacetan parah, sejak sore hingga tengah malam, Kabupaten Labusel, Minggu (21/11) sore.
Torgamba (SIB)
Hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Labusel, Minggu (21/11) sore, membuat pohon mangga berukuran besar tumbang dan menutup ruas Jalinsum Kampung Mangga, Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, tepatnya di kawasan Danau Pagaran Padang.

Akibatnya, ribuan kendaraan terjebak kemacetan parah, sejak sore hingga tengah malam.

Informasi dihimpun wartawan, tumbangnya pohon mangga berukuran besar di pinggir jalan itu terjadi sekira pukul 16.30 WIB. Angin kencang yang terjadi di kawasan itu, membuat pohon mangga berusia puluhan tahun tersebut tumbang dan melintang di tengah jalan, sehingga nyaris menutup seluruh badan jalan. Akibatnya, kendaraan baik dari arah Medan menuju Pekanbaru maupun sebaliknya tidak dapat melintas, sehingga memicu kemacetan parah arus lalu lintas.

Pengamatan wartawan sekira pukul 17.30 WIB, antrean kendaraan tampak sepanjang lebih kurang 9 Km, mulai dari kawasan Kampung Beringin hingga Aek Batu di Desa Asam Jawa. Kemacetan bertambah parah, karena adanya sejumlah kendaraan yang mencoba mendahului, sehingga antrean kendaraan berlapis di kedua lajur jalan.

Lambannya tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Labusel datang ke lokasi, membuat warga setempat kemudian bergotong-royong memotong dahan-dahan pohon mangga yang tumbang menggunakan peralatan seadanya. Kendaraan pun akhirnya mulai dapat melintas, meskipun harus bergantian memanfaatkan satu lajur jalan.

"Pohonnya tumbang pas angin kencang tadi. Untung tidak ada kendaraan atau orang yang tertimpa," kata Arif Rahman, warga Desa Asam Jawa.

Hingga pukul 23.00 WIB, kemacetan panjang arus lalu lintas masih terjadi di kawasan itu. Batang pohon yang tumbang belum dapat dibersihkan seluruhnya, sehingga jalan belum dapat berfungsi maksimal.

"Saya terjebak macet lebih dari satu jam. Rencana mau ke Rokan Hilir, namun terjebak macet di sini," kata Rasyid (51) warga Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rohkan Hilir, Riau.

Kapolsekta Kotapinang, AKP Bambang G Hutabarat yang dikonfirmasi, Senin (22/11) mengatakan, saat ini kondisi arus lalu lintas sudah normal kembali. Menurutnya, seluruh batang pohon dapat dibersihkan dari lokasi sekira pukul 02.00 WIB dini hari.

"Alhamdulillah sudah lancar kembali. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Hanya saja memang ada kendala kerusakan gergaji mesinnya," katanya. (SS18/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com