Temui Kapolda, DPP GAMKI Instruksikan Kader Patuh Prokes Covid-19


146 view
Temui Kapolda, DPP GAMKI Instruksikan Kader Patuh Prokes Covid-19
Foto: Caretaker GAMKI SU
PERTEMUAN: Pengurus GAMKI yakni Sekum Sahat MP Sinurat (tengah) didampingi Ketua Caretaker DPD GAMKI SU, Maruli Silaban ST SH, Sekretaris Caretaker yang juga Ketua Panitia Konferda GAMKI SU, Alex Ramandey, Sekretaris DPC GAMKI Medan, Fery Sihite, serta Wakil Sekretaris Orkom DPC GAMKI Medan, Marudut Simanjuntak SE berfoto di Mapolda SU, Jumat (23/7) sebelum pertemuan dengan Wakapolda SU.
Medan (SIB)
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) memenuhi undangan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (SU). Pada pertemuan Jumat (23/7), rombongan dipimpin Sekretaris Umum (Sekum) DPP GAMKI, Sahat MP Sinurat itu terdiri dari Ketua Caretaker DPD GAMKI SU, Maruli Silaban ST SH, Sekretaris Caretaker yang juga Ketua Panitia Konferda GAMKI SU, Alex Ramandey, Sekretaris DPC GAMKI Medan, Fery Sihite, serta Wakil Sekretaris Orkom DPC Gamki Medan, Marudut Simanjuntak SE.

Rombongan diterima Wakapolda Brigjen Pol Dr Dadang Hartando SH SIK MSi. “Pertemuan berlangsung sangat kekeluargaan, seperti abang bertemu adik yang sudah lama tidak bertemu,” ujar Sahat MP Sinurat, seusai pertemuan Jumat malam.

Menurutnya, GAMKI di Tanah Air menjadi bagian solusi persoalan bangsa. Khusus menghadapi pandemi, ujarnya, DPP GAMKI mnginstruksikan seluruh kader mematuhi protokol kesehatan. “Karena pandemi Covid-19 adalah persoalan global dan Indonesia sedang fokus menangani, GAMKI menjadi bagian penanganan tersebut. Minimal dengan menjadi pahlawan bagi diri sendiri maka telah membantu sesama,” ujarnya.

Maruli Silaban melaporkan mengenai rencana GAMKI mengadakan konferensi daerah (Konferda) GAMKI SU di Samosr pada akhir Agustus 2021. “Sebagai caretaker, sudah melakukan konsolidasi ke 33 kabupaten kota se-Sumut. Hasilnya disampaikan pada warga GAMKI dalam pesta demokrasinya,” ujar pengacara muda di Jakarta itu.

Menurutnya, dalam kegiatan yang sifatnya keorganisasian pihaknya mematuhi prokes. “SU kondusif dengan segala dinamika dalam memecahkan persoalannya. GAMKI mengapresiasi,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPP GAMKI tersebut.

Hal serupa dilaporkan Alex Ramandey, yang pada pleno Caretaker GAMKI SU, Minggu (18/7) dihunjuk sebagai Ketua Panitia Konferda bahwa sesuai instruksi Caretaker GAMKI SU, dalam pelaksanaan Konferda harus mengindahkan prokes. Bahkan kegiatan nantinya dipersingkat tapi seluruhnya harus melewati dan mengikuti prokes sesuai arahan pemerintah. “Kami berharap dukungan semua pihak termasuk kepolisian hingga kegiatan terlaksana sesuai agenda,” ujar putra tokoh Papua beribu seorang perempuan Ambon tersebut.

Menurutnya, dalam menjalankan amanah organisasi khususnya Konferda GAMKI 2021, pihaknya bekerja sama dengan panitia lokal.

Malamnya, dalam pertemuan dengan kader, hal serupa ditegaskan DPP agar GAMKI Medan dan GAMKI Deliserdang berperan aktif mengondusifkan wilayah sebagai bukti peran serta positif.

Sahat Sinurat menyorot kasus gereja yang sedang viral untuk diposisikan proporsional agar jangan dimanfaatkan pihak yang tak bertanggung jawab.

Maruli Silaban memberi masukan dari telaahan hukum sesuai pengalamannya beracara di banyak kasus yang mendapat perhatian publik di Indonesia.

Alex Ramandey memberi masukan dari sisi etika kekristenan.

“Kami siap merealisirnya di lapangan sesuai asas kasih seperti yang diajarkan Yesus Kristus yang diimplementasikan GAMKI,” ujar Ketua GAMKI Medan, Nimrot Sihotang.

Hadir di kegiatan itu terlihat Pbs Monang Sinaga, Yuni Sitorus, Riko Situmorang dan lainnya.(R10/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com