Lepas Ekspor Kolang Kaling ke Filipina

Umar Zunaidi Hasibuan Ajak Kawula Muda dan Pelaku UMKM Terapkan 4 K


320 view
Umar Zunaidi Hasibuan Ajak Kawula Muda dan Pelaku UMKM Terapkan 4 K
Foto harianSIB.com / Japet Arki Bangun
PECAH KENDI : Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan bersama Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi, Muhammad Azwar dan perwakilan BI dan OJK dan Balai Karantina Pertanian Belawan melakukan pemecahan Kendi tanda pelepasan komoditas Kolang Kaling produk UMKM Tebingtinggi ke Filipina, Senin (28/6/2021) di depan Balai Kota, Jalan Sutomo.
Tebingtinggi (harianSIB)

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan mengajak kawula muda dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi dalam menjalankan bisnis hingga menuju pasar ekspor.

Hal ini dikatakan Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan saat pelepasan ekspor komoditas Kolang Kaling produk UMKM Tebingtinggi ke Filipina, Senin (28/6/2021) di depan Balai Kota, Jalan Sutomo, Tebingtinggi.

Pelepasan ekspor komoditas kolang kaling ini kata Umar, bertujuan untuk memberikan motivasi bagi pelaku UMKM lainnya. Untuk pasar ekspor harus memperhatikan 4 K yakni kualitas, kuantitas, kontinuitas dan kreativitas. "Jika dilakukan 4K, maka pencapaian ekspor akan cepat," kata Umar.

Diakui Umar, lahan menghasilkan komoditi di Tebingtinggi terbatas. Tapi Tebingtinggi siap menampung hasil komoditi dari daerah lain untuk dikelola dan dijual ke pasar dagang.

"Biar daerah lain yang menanam, hasilnya diolah di Tebingtinggi dan diekspor," kata Umar.

Umar juga menjelaskan, ada beberapa negara seperti Maroko dan Selandia Baru, yang siap menampung komoditi dari Indonesia khususnya Tebingtinggi.

"Kopi hasil olahan UMKM Tebingtinggi telah dikirim ke Selandia Baru untuk dipromosikan. Dan hasilnya diterima baik di sana," ucap Umar.

Pemko Tebingtinggi melalui Dinas PMPPTSP memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam pengurusan izin. Hal ini bertujuan untuk mempercepat perwujudan Tebingtinggi sebagai kota jasa dan perdagangan. (*)

Penulis
: Japet Arki Bangun
Editor
: Wilfred/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com