Warga Tionghoa Ramai Sembahyang Imlek di Vihara-vihara Pematangsiantar


323 view
Warga Tionghoa Ramai Sembahyang Imlek di Vihara-vihara Pematangsiantar
(Foto: harianSIB.com/Andomaraja Sitio)
Masyarakat Tionghoa melaksanakan sembahyang di Vihara Samiddha Bhagya di Jalan Thamrin, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sabtu (10/2) 
Pematangsiantar (SIB)
Beberapa vihara di Kota Pematangsiantar ramai didatangi warga masyarakat etnis Tionghoa untuk melaksanakan ritual sembahyang merayakan Tahun Baru Imlek, Sabtu (10/2).
Amatan wartawan di Vihara Avalokitesvara di Jalan Pane, Kecamatan Siantar Selatan, umat Buddha silih berganti berdatangan sejak pagi hingga siang harinya untuk melangsungkan ibadah di vihara.
Sementara di lokasi berbeda juga terlihat warga Tionghoa memasuki Vihara Samiddha Bhagya di Jalan Thamrin, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar untuk sembahyang.
Sekretaris Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kota Pematangsiantar, Chandra saat dimintai tanggapan, Sabtu (10/2), menyatakan perayaaan Imlek tahun ini dilaksanakan sederhana dan penuh sukacita tanpa ada batasan beribadah ke lokasi vihara.
Chandra pun berharap, semoga perayaan Imlek tahun ini semuanya diberi kesehatan serta rejeki melimpah bagi kita semua." Selamat tahun baru Imlek bagi sahabat kita yang merayakan di tanah air, khususnya di Kota Pematangsiantar," ucap Chandra.
Terpisah, Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno saat dimintai tanggapan sewaktu meninjau Vihara Samiddha Bhagya di Jalan Thamrin, Sabtu (10/2) mengatakan pihaknya menurunkan 42 personel untuk pengamanan.
"42 personel kita terjunkan dalam pengamanan di lokasi Vihara dan Kelenteng di Kota Pematangsiantar," kata Yogen seperti dilansir harianSIB.com.
Dia menambahkan, situasi Kamtibmas tercipta kondusif pada saat perayaan tahun baru Imlek di Kota Pematangsiantar." Harapan kita juga seperti itu situasi Kamtibmas kondusif. Apalagi beberapa hari lagi pelaksanaan pemilu akan digelar dan kita harapkan berjalan aman dan damai," cetus Yogen. (SS12)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com