Baskami Ginting Minta Pj Gubernur Salurkan Bantuan Keuangan Provinsi ke Kabupaten/Kota


247 view
Baskami Ginting  Minta Pj Gubernur Salurkan Bantuan Keuangan Provinsi ke Kabupaten/Kota
Foto: Dok/Baskami
SERIUS: Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting berbincang serius dengan Bupati Batubara H Zahir membahas terkait Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) ke kabupaten/kota di Sumut, Jumat (24/11/2023), di Pemkab Batubara. 

Medan (harianSIB.com)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting meminta Pj Gubernur Sumut Hasanudin untuk menyalurkan Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) ke kabupaten/kota yang dialokasikan di APBD Sumut, guna menggairahkan pembangunan di seluruh wilayah di Sumut.

"Kita harus tetap mendorong Pemprov Sumut agar berperan aktif dalam upaya pembangunan yang dilakukan pemerintah kabupaten/kota, dengan menyalurkan dana BKP yang pengalokasiannya dari APBD Sumut," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Minggu (26/11/2023), melalui telepon di Medan.

Pernyataan itu disampaikan Baskami seusai bertemu Bupati Batura H Zahir dan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Batubara, Jumat (24/11/2023), membahas anggaran percepatan pembangunan daerah di kantor Bupati Batubara.

Seperti diketahui, tambah Baskami, biasanya Pemprov Sumut menyerahkan BKP ke tiap daerah setiap tahunnya, karena anggaran tersebut sangat membantu kabupaten/kota dalam meningkatkan pembangunan di daerahnya.

"Tidak hanya Kabupaten Batubara yang mendapat dana BKP untuk percepatan pembangunan, seperti infrastruktur, pertanian, ekonomi rakyat, pendidikan dan lainnya. Tapi juga seluruh kabupaten/kota di Sumut dapat bagian," jelasnya.

Berkaitan dengan itu, Baskami, meminta Pemkab/Pemko di Sumut agar meningkatkan sektor pendapatan daerahnya, dengan melakukan inovasi dalam segala hal, serta menekankan untuk mengembangkan produk lokal yang dapat bersaing, baik domestik dan internasional," katanya.

Politisi PDI Perjuangan Sumut itu mengaku bangga, Kabupaten Batubara terus concern dalam mengembangkan produk UMKM, sehingga dibutuhkan komunikasi yang baik antara Pemprov Sumut dan Pemkab/Pemko, guna mempercepat pembangunan baik fisik dan ekonomi di daerahnya.

Sementara itu, Bupati Batubara, H Zahir menyampaikan pihaknya telah mengajukan usulan bantuan hibah ke Pemprov Sumut, guna mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Batubara.

"Bantuan tersebut kita usulkan ke Pemprov Sumut sebesar Rp49,7 miliar, untuk peningkatan ruas jalan, pembuatan turap atau dinding penahan pergeseran tanah, pembangunan tribun lapangan olahraga, pembuatan drainase, jembatan, normalisasi saluran pembuangan, jalan usaha tani dan irigasi," jelasnya.

Ditambahkan Zahir, pihaknya mengharapkan Pemprov Sumut dapat menyetujui usulan tersebut, demi memaksimalkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Batubara.(**)

Penulis
: Koran SIB Firdaus Peranginangin
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com