Hadiri Perayaan HUT ke-58 PGI W Sumut

Pj Gubernur Sumut : Gereja Sebagai Pusat Pemberdayaan Sumber Daya Manusia


161 view
Pj Gubernur Sumut : Gereja Sebagai Pusat Pemberdayaan Sumber Daya Manusia
(Foto SIB/ Horas Pasaribu
FOTO BERSAMA: Ketua Umum PGI W Sumut Pdt Dr Victor Tinambunan dan MPH PGI W Sumut foto bersama PJ Gubernur Sumut Dr Hasanudin pada HUT ke 58 PGI W Sumut, Minggu (10/9) di Gereja HKBP Sudirman Medan
Medan (SIB)
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Dr Hassanudin menghadiri perayaan HUT ke 58 Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Sumut, Minggu (10/9) di Gereja HKBP Sudirman Medan.
Mantan Pangdam I BB ini menyebutkan, kehadiran gereja sebagai tempat beribadah, diharapkan menjadi pusat kegiatan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM). Karenanya nilai kebaikan yang universal bagi semua agama, dapat menciptakan harmoni di masyarakat.
Perayaan HUT PGI ini mengambil tema ‘Aku Adalah Yang Awal dan Yang Akhir’ (Wahyu 22: 12-13) dengan sub tema ‘Melalui HUT ke-58 Tahun, PGI Wilayah Sumatera Utara Tetap Mengobarkan Semangat Oikumenis Dengan Semua Umat Untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045’.
Hadir Ketua Umum PGI Wilayah Sumut Pdt Victor Tinambunan, para pendeta dan jemaat gereja HKBP Sudirman. Turut mendampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Naslindo Sirait, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekbang Harianto Butarbutar dan Kepala Biro Umum Setdaprov Dedi JP Harahap.
Pj Gubernur Hassanudin mengatakan, potensi wilayah Sumatera Utara perlu dimaksimalkan seluruh lapisan masyarakat. Termasuk juga peran gereja dalam membangun provinsi ini, sesuai perannya masing-masing.
“Kita harus bersyukur karena Tuhan memberikan kesempatan bagi kita semua untuk bersyukur, sebagaimana usia PGI yang kini sudah menginjak 58 tahun. Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, saya mengucapkan terimakasih karena telah diundang pada acara ini,” sebut Hassanudin.
Melalui peran masyarakat mendukung pembangunan, Hassanudin menyebutkan dirinya berkomitmen untuk bekerja sebagai bentuk pengabdian dan pengorbanan bagi Sumatera Utara. Karenanya ia akan melanjutkan hal yang positif, sesuai dengan kebutuhan yang ada.
“Semoga kita tidak menjadi golongan yang merugi. Sehingga apa yang kita upayakan sekarang bisa bermanfaat untuk esok. Karena itu, gereja bukan hanya tempat ibadah semata, tetapi sebagai pusat kegiatan pemberdayaan sumber daya manusia,” jelasnya.
Sebagaimana sebuah kebaikan katanya, merupakan nilai yang universal, dimana semua agama akan mengajarkan tentang bagaimana berbuat baik. Karena itu juga menjadi dasar untuk membangun Sumatera Utara dalam suasana yang harmoni.
"Saya mengajak kita semua untuk saling bergandengan tangan. Semoga ketulusan dan kebaikan kita mendapat berkah dari Tuhan. Sekali lagi terimakasih karena sudah mengundang saya datang ke sini,” Katanya. Pada kesempatan itu Hassanudin menyebutkan dirinya pernah bertugas di Sumatera Utara sebagai Asrendam, Kasdam dan Pangdam I/BB.
Ketua Umum PGI Wilayah Sumut, Pdt Dr Victor Tinambunan menyambut hangat kedatangan Pj Gubernur Sumatera Utara pada perayaan tersebut. Menurutnya sosok Hassanudin adalah seorang Nasionalis sejati yang cinta NKRI dan menjunjung tinggi kebhinekaan.
“Kami sangat bangga karena kami tahu bapak semasa menjabat Pangdam I/BB akan melanjutkan pembangunan di Sumatera Utara yang selama ini sudah berjalan dengan baik. Ada 43 ribu gereja yang tergabung di PGI, akan siap mendukung pemerintah provinsi membawa kebaikan, di bawah kepemimpinan Pj Gubernur. Kami siap bergandengan tangan dengan pemerintah, dan semoga gereja-gereja yang ada menjadi mitra yang baik bagi pemerintah. Sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada,” tuturnya.
Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan ibadah Minggu. Sebelum beranjak, Pj Gubernur Sumut Hassanudin menerima tanda penghormatan.
Turut hadir sejumlah MPH PGI Sumut seperti Sekum Pdt Dr Eben Siagian, Wasekum Pdt Ahmad Pinem MTh, Ketua panitia Pdt Jafet Marbun, Bendahara Sahata Marnix Hutabarat, tokoh masyarakat Sumut Dr. RE Nainggolan, MM Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh Pdt Henri Napitupulu, Praeses Binjai-Langkat Pdt Hercules Sihotang, Ketua PHDI Sumut Pandita Manogren, Pendeta Resort HKBP Sudirman Pdt Ramses Manurung, dan perwakilan pimpinan Sinode anggota PGI. (A5/r)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com