Senin, 13 Mei 2024 WIB

Bandara Sisingamangaraja XII Silangit Turun Status Jadi Penerbangan Domestik, Ini Kata GM

Anwar Lubis - Minggu, 28 April 2024 23:44 WIB
2.400 view
Bandara Sisingamangaraja XII Silangit Turun Status Jadi Penerbangan Domestik, Ini Kata GM
Foto : Net

Tapanuli Utara (harianSIB.com)

Bandar Udara (Bandara) Sisingamangaraja XII Silangit, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara (Sumut) resmi berubah status menjadi bandara domestik.

Perubahan status Bandara Sisingamangaraja XII Silangit ini, tertuang dalam Keputusan Menteri (KM) Nomor 31 Tahun 2024 yang dilansir laman resmi Kementerian Perhubungan.

Dalam KM tersebut, Kementerian Perhubungan merubah status 17 bandara yang semula Bandara Internasional menjadi bandara domestik, termasuk Bandara Sisingamangaraja XII Silangit.

Terkait perubahan status bandara yang dipimpinnya itu, GM Bandara Silangit, Ardon Marbun, dalam keterangan resmi belum lama ini mengatakan, perubahan status tersebut, merupakan bagian dari strategi yang lebih luas dalam pengembangan infrastruktur transportasi udara di Indonesia.

"Hal ini juga sejalan dengan visi pemerintah untuk memperkuat konektivitas antar-pulau dan mendukung pertumbuhan ekonomi regional," katanya sebagaimana dikutip dari TVRI Nwes, Minggu (28/4/2024).

Ardon menyebutkan, dengan perubahan status Bandara Silangit, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memenuhi kebutuhan akan layanan penerbangan di kawasan Sumatera Utara dan sekitarnya.

Selain itu, perubahan status bandara tersebut, kata dia, peluang baru bagi pengembangan pariwisata di wilayah sekitar Bandara Silangit dapat memiliki potensi pariwisata yang besar.

Pasalnya, kehadiran bandara domestik dapat memudahkan akses bagi wisatawan domestik yang ingin menjelajahi pesona alam dan budaya yang dimiliki daerah tersebut.

Meskipun status Bandara Silangit telah berubah, katanya, Bandara Silangit akan tetap memberikan layanan terbaik kepada penumpang dan pihak terkait, seperti upaya pengembangan infrastruktur, peningkatan fasilitas dan bahkan pemberdayaan SDM akan terus dilakukan guna memastikan keberlangsungan operasional bandara yang optimal. (**)


Baca Juga:
Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Status Turun, Bandara Silangit Jadi Bandara Domestik
Sepi Penerbangan, Kemenhub Cabut Status 17 Bandara Internasional Termasuk Bandara Sisingamangaraja XII Silangit
Menhub Sebut Ada Penambahan 2.800 Penerbangan Domestik untuk Mudik
AirNav Indonesia dan Poltekbang Medan Latih Teknik Las Listrik untuk Warga Sekitar Bandara Silangit
Parlindungan Purba Dukung Dibukanya Kembali Penerbangan Luar Negeri ke Bandara Silangit
Menparekraf Dorong Peningkatan Jumlah Penerbangan Domestik
komentar
beritaTerbaru