Sidang Korupsi di BTN Medan Rp39,5 M, Eksepsi Terdakwa Ditolak Hakim


339 view
Sidang Korupsi di BTN Medan Rp39,5 M, Eksepsi Terdakwa Ditolak Hakim
Foto: Dok/Rido Sitompul
BACAKAN PUTUSAN: Majelis hakim membacakan amar putusan sela dalam persidangan lanjutan dugaan korupsi di BTN Medan, pada sidang di Pengadilan Tipikor Medan pada PN Medan, Senin (27/6/2022). 

Medan (harianSIB.com)


Majelis hakim diketuai Immanuel Tarigan menolak nota keberatan (eksepsi) EL, oknum notaris terdakwa dalam perkara korupsi kredit modal kerja (KMK) Rp 39,5 miliar di Bank Tabungan Negara (BTN) Medan. Dengan begitu, perkara terdakwa dipastikan lanjut dalam pemeriksaan pokok perkaranya.


Dalam persidangan sebelumnya, terdakwa mengajukan eksepsi dan meminta majelis hakim membatalkan dakwaan terhadap dirinya, karena dakwaan kabur dan bukan merupakan tindak pidana karenanya Pengadilan Tipikor Medan tidak berhak mengadilinya.


Pada sidang lanjutan yang digelar di Cakra 8 PN Medan, Senin (27/6/2022), majelis hakim Pengadilan Tipikor Medan menyatakan, menolak eksepsi tim penasihat hukum (PH) terdakwa dimotori Tommy Sinulingga.


Dalil tim PH terdakwa yang menilai dakwaan JPU dari Kejati Sumut saat itu dihadiri Resky Pradhana Romli, kabur dan tidak cermat menerapkan Pasal 55 KUHPidana (penyertaan) menurut majelis, tidak dapat diterima.


Sebaliknya dalam dakwaan disebutkan peran terdakwa notaris dan lainnya memang berbeda. Demikian halnya dengan terdakwa Elviera selaku notaris yang dijadikan sebagai turut tergugat I, bukan merupakan perkara yang sama.

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com