Rabu, 19 Juni 2024 WIB
Hadiri Perayaan Thaipusam ke-144 Tahun

Wali Kota: Toleransi Beragama di Kota Binjai Sangat Kuat

Redaksi - Minggu, 28 Januari 2024 16:27 WIB
228 view
Wali Kota: Toleransi Beragama di Kota Binjai Sangat Kuat
(Foto: SIB/M Irsan)
ARAK-ARAKAN: Arak-arakan kereta kencana menggunakan dua ekor sapi mengelilingi Kota Binjai usai upacara Maha Puja Thaipusam ke-144 tahun, di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kita, Jumat (26/1) malam. 
Binjai (SIB)
Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP menghadiri upacara Maha Puja Thaipusam ke-144 tahun di Kuil Shri Mariamman, di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kita, Jumat (26/1) malam.
Tampak hadir Wakil Wali Kota Binjai H Rizky Yunanda Sitepu STP MP, Wakapolres Binjai Kompol RD Firman Darwin SH MH, Pembimbing Masyarakat Hindu Sumatera Utara Eli Rosa Tarigan SE, Ketua DPD Prajaniti Sumatera Utara Matha Riswan MPsi, Kepala Staf Kodim 0203/Lkt Mayor Inf Abner Bangun, Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai Ismail SPd MAP, Kaban Kesbangpol Kota Binjai Drs Ruslianto MPd, Asisten I Pemko Binjai Aldi Agustian SSos MM, Ketua FKUB Kota Binjai Drs H M Nasir, Ketua ICMI Binjai Ir Edi Aswari Fahmi, Camat Binjai Kota Musya Ma'aruf Lubis.
Perayaan Thaipusam ini merupakan ritual Umat Hindu dalam rangka menghormati Dewa Murugan atau Dewa Subramaniam. Tradisi ini juga terkait dengan iman, ketekunan, dan penebusan dosa.
Dalam sambutannya, Wali Kota Binjai menyampaikan dukungannya terhadap acara tersebut. Dia juga mengungkapkan bahwa toleransi beragama di Kota Binjai sangat kuat, terbukti dengan meriahnya acara Perayaan Maha Puja Thaipusam yang turut dihadiri seluruh unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh etnis, dan tokoh masyarakat Kota Binjai.
"Saya atas nama Pemerintah Kota Binjai mendukung penuh atas terlaksananya berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Maha Puja Thaipusam ini," ujar Wali Kota Binjai.
Wali Kota menambahkan, Pemerintah Kota Binjai sangat terbuka untuk berkolaborasi, sebab hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Binjai untuk membangkitkan etnis yang berbudaya di Kota Binjai.
"Melalui perayaan Thaipusam ini, saya juga mengajak seluruh umat Hindu yang ada di kota Binjai untuk mendukung program pemerintah dengan mewujudkan Binjai yang lebih maju, berbudaya dan religius," ujarnya.
Ketua Panitia Penyelenggara Perayaan Maha Puja Thaipusam ke-144 tahun dr Nehru MKes menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemko Binjai beserta unsur Forkopimda yang telah mendukung keberlangsungan acara tersebut.
Pada kesempatan ini juga, ia mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan terhadap proses pembangunan dan renovasi Kuil Shri Mariamman Kota Binjai.
Upacara dilanjutkan dengan arak-arakan kereta kencana menggunakan dua ekor sapi keliling Kota Binjai. Arak-arakan kereta kencana diiringi oleh reog ponorogo, barongsai dan lagu-lagu pujian di sepanjang perjalanan. (**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Zainuddin Purba: Jangan Jual Kebohongan yang Tidak Beretika dan Tidak Bermoral
HUT ke-152 Kota Binjai, T. Samulya Surya Indra Daftar Calon Wali Kota ke PDIP
Bentuk Rasa Syukur di HUT ke-152 Kota Binjai, Pemko Binjai Gelar Tabligh Akbar
Zainuddin Purba Daftar Calon Wali Kota Binjai ke Partai Gerindra
Meriahkan HUT ke-152, Wali Kota Lepas Peserta Binjai Fun Run 10K
Wali Kota Binjai Resmikan Program Bedah Rumah Dari Baznas Kota Binjai
komentar
beritaTerbaru