Unik, Toko Ini Gunakan Robot untuk Ingatkan Pengunjung Pakai Masker


187 view
Foto: Reuters
Robovie ingatkan pengunjung toko yang tidak memakai masker.
Tokyo (SIB)
Persebaran virus corona (Covid-19) masih terjadi di banyak negara. Tindakan pencegahan pun terus dilakukan berupa protokol kesehatan secara ketat, yakni penggunaan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Uniknya di Jepang, imbauan untuk menerapkan pencegahan itu dilakukan oleh robot. Hal ini terjadi di sebuah toko di sana. Robot bernama Robovie bertugas memastikan pengunjung toko memakai masker dan menjaga jarak sosial untuk mencegah persebaran covid-19.

Robovie dikembangkan oleh Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) yang berbasis di Kota Kyoto, Jepang. Dia akan memandu pelanggan di sekitar lantai penjualan di toko resmi klub sepakbola Cerezo Osaka.

Dikutip dari Reuters, Kamis (19/11), Robovie akan memperingatkan pengunjung ketika terdeteksi di kamera dan teknologi sinar laser 3D bahwa mereka tidak mengenakan masker atau melanggar aturan jaga jarak sosial.

Penerapan Robovie adalah uji coba yang dimulai pekan lalu dan akan berjalan setidaknya hingga akhir bulan. Penerapannya akan diperpanjang sesuai dengan situasi.

Di Jepang sendiri dilaporkan terjadi sekira 120.000 kasus Covid-19 dan hampir 2.000 orang meninggal dunia. Maka itu, mereka terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan ini secara ketat. (Okezone/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com