Sabtu, 20 Juli 2024

Kebakaran Hutan Hanguskan Desa di Turki, 5 Orang Tewas

Redaksi - Sabtu, 22 Juni 2024 11:13 WIB
362 view
Kebakaran Hutan Hanguskan Desa di Turki, 5 Orang Tewas
(Foto: Dia/AP)
Personel pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar lahan di Turki bagian tenggara, Jumat (21/6).
Ankara (SIB)
Kebakaran hutan melanda beberapa desa di wilayah Turki bagian tenggara. Nahas, sedikitnya lima orang tewas dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka, dengan 10 orang di antaranya luka parah.


Seperti diberitakan AFP, Jumat (21/6), Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca dalam pernyataannya menyebut kebakaran hutan itu melalap dua wilayah di dekat kota Mardin, Turki bagian tenggara.


"Lima orang tewas dan 44 orang lainnya mengalami luka-luka, dengan 10 orang di antaranya luka serius," tutur Koca dalam pernyataan via media sosial X pada Jumat (21/6) waktu setempat.

Baca Juga:
Koca tidak menjelaskan lebih lanjut soal dugaan penyebab kebakaran hutan yang memakan korban jiwa tersebut. Namun laporan media Al Jazeera menyebut kebakaran itu bermula dari aktivitas pembakaran sisa panen. Dengan semakin dikobarkan oleh angin, kebakaran menyebar cepat melintasi area desa Koksalan, Yazcicegi dan Bagacik.


Sejumlah foto yang diunggah ke media sosial menunjukkan kobaran api sangat besar menerangi langit malam, dengan kepulan asap menjulang ke udara.

Baca Juga:
Dalam pernyataannya, Koca juga menyebut bahwa empat tim darurat dan sedikitnya 35 ambulans telah dikerahkan ke lokasi terdampak kebakaran hutan.

Menteri Dalam Negeri Turki, Ali Yerlikaya, dalam pernyataan terpisah, menyebut kebakaran hutan itu mulai terjadi pada Kamis (20/6) malam waktu setempat di area berjarak sekitar 30 kilometer di sebelah selatan kota Diyarbakir, dan dengan cepat menyebar karena angin kencang.


Yerlikaya mengatakan bahwa kebakaran hutan itu berdampak pada lima desa di area antara Diyarbakir dan Madin. "Sayangnya, tiga warga area Diyarbakir dan dua warga area Mardin kehilangan nyawa mereka," tulis Yerlikaya dalam pernyataan via media sosial X.


Gubernur Diyarbakir, Ali Ihsan Su, dalam pernyataan terpisah pada Jumat (21/6) waktu setempat menyebut para petugas pemadam kebakaran telah berhasil mengendalikan kobaran api.


Sementara itu, menurut laporan kantor berita Anadolu Agency, di wilayah Turki bagian barat laut, para petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan kebakaran hutan di dekat kota Ayvacik, Provinsi Canakkale. Tidak ada korban luka akibat kebakaran hutan di area tersebut, namun otoritas setempat terpaksa mengevakuasi warga desa kecil bernama Camkoy sebagai tindakan pencegahan.


Kebakaran tersebut merupakan salah satu dari beberapa kebakaran hutan yang melanda Provinsi Canakkale dalam sepekan terakhir, saat angin kencang berhembus dan suhu musim panas sangat terik. (**)

Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Diperlukan Teknologi Modern Deteksi Kebakaran Hutan
Dinas LHK Sumut Akan Reboisasi Hutan Sipiso-piso Simalungun
30 Ha Kawasan Hutan Tanduk Benua Simalungun Terbakar, BPBD Turunkan 3 Unit Damkar
Polda Sumut: Polisi Dalami Penyebab Kebakaran
Ketua PPDI Simalungun Jagokan Belanda Menang Tipis atas Turki
Turki Tolak Isi Bahan Bakar Pesawat Israel
komentar
beritaTerbaru