Minggu, 05 Mei 2024

PA Cibinong Luruskan Viral Warga Hendak Cerai Melonjak Usai Lebaran

Redaksi - Senin, 15 Mei 2023 10:45 WIB
180 view
PA Cibinong Luruskan Viral Warga Hendak Cerai Melonjak Usai Lebaran
(Foto: Getty Images/iStockphoto/Pattanaphong Khuankaew) Baca artikel detiknews, "PA Cibinong Luruskan Viral Warga Hendak Cerai Melonjak Usai Lebaran" selengkapnya https://news.detik.com/be
Ilustrasi Pengadilan Agama.
Jakarta (SIB)
Viral di media sosial video yang menyebutkan antrean panjang untuk cerai di Pengadilan Agama (PA) Cibinong, Bogor, Jawa Barat. PA Cibinong memberikan penjelasan.
Dilihat, Sabtu (13/5), video tersebut memperlihatkan adanya antrean warga yang memenuhi pintu masuk hingga halaman. Dalam narasinya, antrean tersebut terjadi di PA Cibinong.
Disebutkan para warga tersebut tengah mengantre untuk sidang cerai. Tidak hanya itu, jumlah gugatan cerai juga disebut meningkat seusai Lebaran 2023.
Menanggapi ini, juru bicara Pengadilan Agama Cibinong, Dadang Karim, membenarkan antrean tersebut di PA Cibinong. Dadang mengatakan antrean terjadi pada pukul 08.00 WIB.
"Betul video viral itu di PA Cibinong, hari kerja sekitar jam 8 pagi," kata Dadang saat dihubungi.
Namun Dadang memastikan tujuan para warga yang datang berbeda-beda, tidak hanya untuk melakukan sidang cerai. Dadang menyebut antrean terjadi karena ruang tunggu PA Cibinong yang sempit membuat warga berebut masuk ruang tunggu.
"Yang datang ke PA Cibinong tujuannya berbeda-beda, ada yang ingin konsultasi, ada yang mau daftar, ada yang mau sidang, dan ada yang mau mengambil produk pengadilan. Itu bisa dilihat dari tanda pengenal yang diberikan sekuriti. Yang akan sidang biasanya datang lebih dari dua orang karena mereka persiapan untuk saksi," tuturnya.
"Ruang tunggu PA Cibinong tempatnya sempit, dan tidak ada pembedaan sesuai maksud kehadirannya tersebut, sehingga saat ruang tunggu bagian dalam dibuka, mereka berebut masuk bersama-sama," ujar Dadang.
Meski begitu, Dadang membenarkan adanya peningkatan perkara seusai Lebaran 2023. Akan tetapi jumlah perkara disebut tidak beda jauh jika dibandingkan dengan tahun lalu.
"Betul, yang mendaftar untuk sidang setelah Lebaran mengalami peningkatan dibanding bulan puasa, tetapi tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu dalam periode yang sama. Hari Rabu, tanggal 10 Mei 2023, PA Cibinong menyidangkan perkara sekitar 25 perkara, sedangkan yang daftar tercatat 53 perkara," kata Dadang.
Dadang kembali menegaskan perkara yang masuk tidak hanya perkara gugatan cerai.
"Yang daftar dan sidang tidak semuanya perkara cerai, ada juga perkara lain, meskipun mayoritas perkara cerai gugat dan cerai talak. Dalam video viral tersebut dinarasikan mereka semuanya akan bersidang cerai, padahal tidak begitu," ujarnya. (detikcom/a)




Baca Juga:



Baca Juga:
Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
23 Siswa SMAN 1 Medangderas Batubara Diterima di Berbagai PTN
Lakalantas Mobil Angkutan Umum dengan Sepeda Motor di Pematangsiantar, 1 Tewas
ToTK Berakhir, Bupati Samosir Bersama Wagup Berikan Hadiah Para Pemenang
Polsek Marbau Tangkap Penyalahguna Narkoba
Ruas Jalan Provinsi di Bahbiru Simalungun Terancam Putus
Curi Pintu Lipat, 2 Pria Dibekuk Polsek Medan Labuhan
komentar
beritaTerbaru