Senin, 15 Juli 2024

Presiden Jokowi Tunjuk Agus Fatoni Pj Gubernur Sumut

Danres Saragih - Sabtu, 22 Juni 2024 14:55 WIB
1.077 view
Presiden Jokowi Tunjuk Agus Fatoni Pj Gubernur Sumut
Dok. Istimewa
Agus Fatoni
Medan (harianSIB.com)
Setelah kurang lebih 10 bulan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, 5 September 2023 mantan Pangdam I/BB Mayor Jenderal (Purn) Hassanudin menurut kabar akan dirotasi dan dilantik menjadi Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut khabar, Presiden RI Joko Widodo telah menunjuk Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Dr Drs Agus Fatoni MSi sebagai Pj Gubernur Sumut.

Terkait pergantian Pj Gubernur Sumut itu dibenarkan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut Harianto Butarbutar SE MSi yang dikonfirmasi SIB News Network (SNN) melalui Fungsional Ahli Madya Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprovsu Achmad Rasyid Ritonga, Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga:

"Sudah ditunjuk Pak Presiden Joko Widodo, beliau adalah Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni yang akan menggantikan Hassanudin," kata Rasyid.

Informasi lainnya yang diperoleh wartawan, sejak kemarin Sekdaprov Sumut dan Forkopimda lainnya sudah di Jakarta untuk menghadiri pelantikan yang dijadwalkan, Senin 24 Juni 2024.

Baca Juga:

Rasyid menjelaskan terkait pergantian kepala daerah itu sepenuhnya merupakan kewenangan pemerintah pusat dan tentu pergantian tersebut dipastikan sudah melalui kajian dan pertimbangan yang matang.

Perlu diketahui, di Kemendagri, Agus Fatoni menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah posisi itu dia pegang sejak 12 Maret 2022.

Soal pendidikan, Agus Fatoni lulus dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada tahun 1994. Dia kemudian melanjutkan sekolah sarjana dan lulus dari Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta lulus tahun 1999.

Agus Fatoni juga menyelesaikan pendidikan Magister (S2) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran lulus tahun 2003 dan Doktor (S3) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran, lulus tahun 2009.

Kariernya dimulai dengan menjadi ajudan Gubernur/Kepala Daerah Tingkat I Lampung pada 1995-1997 hingga kemudian bertugas di Kemendagri.

Secara lengkap, berikut riwayat pendidikan dan jabatan Agus Fatoni:SMAN 1 Tanjungkarang, Bandar Lampung (lulus 1991), Diploma III Pemerintahan, STPDN Jatinangor (lulus 1994). Kepala Staf Pribadi Mendagri, Kasubdit DBH Ditjen Keuda Kemendagri dan Kasubdit DBH Ditjen Keuda Kemendagri. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pj Gubernur Agus Fatoni Atensi Pelaksanaan PON, Pilkada Serentak dan PR Sumut
Harkop ke -77 Tingkat Sumut Digelar Selama 2 Hari
Jalan Provinsi Penghubung 3 Kecamatan Rusak, Masyarakat Habornas Toba Sampaikan Surat Terbuka Kepada Pj Gubernur Sumut
Pj Gubernur Agus Fatoni Beri Semangat Atlet Senam Kreasi Sumut Berlaga di Kejurnas
Menko Polhukam dan Pj Gubernur Sumut Tinjau Venue Sport Centre, Progres Stadion Masih 71,8 Persen
Fatoni Pastikan Pemprov Sumut Telah Realisasikan 100 Persen Dana Hibah Pilkada
komentar
beritaTerbaru