Sabtu, 18 Mei 2024 WIB

Kasus Cacar Monyet Belum Ditemukan di Sergai

Redaksi - Jumat, 27 Mei 2022 12:36 WIB
586 view
Kasus Cacar Monyet Belum Ditemukan di Sergai
Foto: Ist/harianSIB.com
Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pemkab Sergai, Selamat Hartono
Sergai (SIB)
Penderita cacar monyet (monkeypox) belum ada ditemukan di seluruh wilayah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai).

"Meski kasus cacar monyet sudah sampai ke negara tetangga Indonesia yakni Australia, namun masyarakat di Sergai sejauh ini belum ada terinfeksi penyakit tersebut," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pemkab Sergai Selamat Hartono didampingi Sekretaris Liagustina Simamora saat ditemui SIB, Rabu (25/5), di Seirampah.

Menurut Selamat, cacar monyet ini merupakan penyakit yang disebabkan virus langka ringan dan dapat sembuh dalam beberapa pekan. Kemudian, penularannya secara meluas terbilang sangat rendah.

"Risiko penularan monkeypox secara luas diketahui sangat rendah. Di Australia saja, tercatat masih 1 kasus yang terkonfirmasi," ungkapnya.

Walau begitu, sebut Selamat, masyarakat Serdangbedagai jangan sepele terhadap virus dimaksud dengan tetap menjaga kebersihan tubuh dan pola hidup sehat serta menghindari kontak dengan spesies hewan yang berpotensi menularkan infeksi, seperti monyet dan tupai.

"Penularan monkeypox ke manusia diketahui akibat kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi atau dengan bagian tubuh manusia yang mengandung virus. Adapun penularan virus cacar monyet antar manusia sebagian besar terjadi melalui tetesan pernapasan," pungkasnya.

Sebagai informasi, monkeypox pertama kali ditemukan tahun 1958 di Denmark ketika ada dua kasus seperti cacar muncul pada koloni kera yang dipelihara untuk penelitian. Akan tetapi, sejak kemunculannya, hingga saat ini belum ada ditemukan kasus monkeypox di Indonesia. (C4/c)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kasus Cacar Monyet Bertambah Jadi 41 Orang di DKI Jakarta
Kasus Cacar Monyet di Jakarta Bertambah Jadi 17 Orang
Kemenkes Ungkap Penularan 15 Kasus Cacar Monyet di RI dari Transmisi Lokal
Kasus Cacar Monyet Bertambah, Pemprov DKI Bentuk Tim Tracing
Antisipasi Cacar Monyet, Bandara Soetta Perketat Pintu Masuk
Kasus Cacar Monyet Ditemukan, IDI Minta Masyarakat dan Nakes Waspada
komentar
beritaTerbaru