Rabu, 22 Mei 2024 WIB

BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah Sumut

Redaksi - Selasa, 01 November 2022 16:12 WIB
312 view
BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah Sumut
Foto: Muhlis/JPNN.com
Ilustrasi
Medan (SIB)

Dalam dua minggu terakhir, kondisi wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang. Hal ini mengakibatkan tingginya curah hujan dan berlangsung selama beberapa hari.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Hendro Nugroho ST MSi mengatakan, pola angin gradien menunjukkan adanya siklon tropis nalgae di perairan Filipina yang mengakibatkan terjadinya belokan angin dan daerah pertemuan angin (konvergensi) di Sumut.

"Hal tersebut memicu pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Sumut dan sekitarnya," katanya, Senin (31/10).

Kondisi udara lapisan atas cukup labil sehingga mendukung terbentuknya awan-awan hujan yang dapat disertai angin kencang di wilayah Sumut. Suhu permukaan laut di perairan barat Sumatera dan Selat Malaka yaitu berkisar antara 29-32°C.

"Hal ini mengindikasikan adanya asupan uap air yang cukup tinggi di wilayah perairan tersebut khususnya Samudera Hindia Barat Sumut yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan," ujarnya.[br]



Berdasarkan analisis di atas, maka wilayah Sumut dalam 2-3 hari ke depan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang dengan durasi yang cukup lama dan cakupan wilayah yang luas sehingga berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi).

"Terlebih mengingat saat ini wilayah Sumut sedang mengalami musim hujan ditandai dengan meningkatnya intensitas hujan," ungkapnya.

Menyikapi kondisi tersebut diharapkan para pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi di wilayah Sumut dan selalu mengikuti informasi dari BMKG Wilayah I Medan melalui dari media sosial infobmkgsumut atau menghubungi layanan informasi BMKG Wilayah I Medan melalui call center HP 082168043653, email [email protected]. (SS6/c)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Wilayah Sumut Hadapi Gangguan Cuaca
Taput Diguncang Gempa M 3,5
BMKG Jelaskan soal Penyebab Suhu Panas di Indonesia, Bukan Heat Wave
BMKG Jelaskan soal Penyebab Suhu Panas di Indonesia, Bukan Heat Wave
Cuaca di Sumut Alami Pancaroba Musim Kemarau ke Hujan
BMKG Beri Warning, Cuaca Ekstrem Masih Intai Banyak Wilayah RI
komentar
beritaTerbaru