Minggu, 12 Mei 2024 WIB

Harga Jahe Gajah di Simalungun Tembus Rp 21 Ribu per Kg

Redaksi - Minggu, 28 April 2024 20:02 WIB
506 view
Harga Jahe Gajah di Simalungun Tembus Rp 21 Ribu per Kg
Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang
PANEN JAHE: Petani memperlihatkan hasil panen jahe gajah di Raya, Kabupaten Simalungun. Harganya tembus Rp 21 ribu per Kg, Sabtu (27/4).
Simalungun (SIB)
Para petani jahe di wilayah Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun pantas tersenyum dan berbahagia. Pasalnya, harga jahe gajah kini sudah menembus angka Rp 21 ribu per kilogram.


"Kami harapkan harganya tidak turun lagi. Harga Rp 21 ribu sudah menguntungkan," tutur Edi Sinaga, salah satu petani jahe di Raya kepada wartawan, Sabtu (27/4).


Menurut Sinaga, harga jahe di posisi Rp 21 ribu sangat jarang terjadi. Biasanya, lebih sering pada kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per kilogram. "Kami belum tahu apa penyebab harga naik. Kami sudah sangat senang dengan harga di atas Rp 20 ribu," ujarnya.

Baca Juga:

Tingkat pendapatan petani jahe kini terbantu dengan kenaikan harga itu. Kendati demikian, harga-harga komoditas pertanian kerap mengalami perubahan. Bahkan, dalam hitungan jam bisa saja harga turun atau naik.


Sementara itu, Even Saragih seorang agen pengumpul komoditas pertanian yang dihubungi terpisah mengatakan, harga jahe gajah merangkak naik dalam beberapa minggu terakhir. "Ya, pada awalnya Rp 17 ribu hingga saat ini Rp 21 ribu per kilogram. Kenaikan ini disebabkan permintaan pasar yang cukup tinggi," urainya. (**)

Baca Juga:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
PDIP Terima Pendaftaran 2 Bacalon Bupati Simalungun, Salah Satunya Petahana
Pelaku Spesialis Curanmor Diringkus Sat Reskrim Polres Pematangsiantar
KPU Simalungun Gelar Tes Wawancara Calon Anggota PPK
Diduga Hendak Cabuli Anak Tetangga, Pria di Simalungun Ditangkap Polisi
Radiapoh Sinaga Motivasi 150 Putra Putri Simalungun Ikuti Diklat Program Si Kerja
Diduga Tempat Narkoba, Polsek Saribudolok Selidiki Perladangan Dolok Paribuan
komentar
beritaTerbaru