Sabtu, 18 Mei 2024 WIB

LSPDK Sumut: Periksa dan Usut Tuntas Proyek Multiyears Rp 2,7 T di Sumut

Tanda Monang Pasaribu - Minggu, 05 Mei 2024 17:02 WIB
2.402 view
LSPDK Sumut: Periksa dan Usut Tuntas Proyek Multiyears Rp 2,7 T di Sumut
Foto: Ist/harianSIB.com
Ir Badia Tampubolon
Medan (harianSIB.com)

Aparat penegak hukum didesak mengusut tuntas proyek multiyears, pembangunan jalan dan jembatan di Sumut berbiaya Rp 2,7 triliun yang dinilai amburadul dan masa kontraknya telah habis dan sampai saat ini pengerjaannya belum tuntas.

Hal ini agar persoalan proyek ini jelas dan transparan, sehingga tidak menimbulkan polemik berkepanjangan di tengah - tengah masyarakat.

Desakan itu disampaikan Ketua Lembaga Sarjana Pendamping Desa/Kelurahan Sumatera Utara (LSPDK)Sumut Ir Badia Tampubolon di Medan, Minggu (5/5/2024)menanggapi berita SIB, Sabtu (4/5/2024), sesuai pernyataan DPRD SU, 40 persen proyek multi years Rp 2,7 T amburadul.

Menurutnya, sesuai informasi berkembang proyek multi years tahun anggaran 2022/2023 senilai Rp 2,7 triliun dimaksud seharusnya rampung dan telah habis masa kontrak akhir tahun 2023 dan kembali diperpanjang sampai bulan Juni 2024, namun hingga kini terkendala bahkan sudah dihentikan.

Ditegaskan, proyek multiyears kini menjadi perhatian dan pembahasan masyarakat di Kabupaten/Kota se - Sumut disebut - sebut tidak dikerjakan lagi dan dihentikan menunggu hasil audit.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya meminta aparat penegak hukum memeriksa dan mengusut tuntas proyek multiyears yang merupakan proyek besar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemrov Sumut) tersebut.

"Kita minta aparat penegak hukum memeriksa dan mengusut tuntas proyek pembangunan jalan dan jembatan di Sumut," tegasnya.

Menanggapi soal Kadis PUPR Sumut yang terkesan tidak memberi penjelasan resmi seputar proyek multiyears itu, dia berharap sebaiknya Kadis PUPR Sumut Mulyono menjelaskan secara transparan kelanjutan proyek pembangunan jalan dan jembatan di Sumut.

"Jika proyek ini benar - benar dihentikan pekerjannya akan menimbulkan kekecewaan besar dari masyarakat, karena tidak bisa menikmati hasil pembangunan yang sudah ditargetkan selesai Desember 2023," harapnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat luas dan berbagai kalangan memberikan atensi terhadap kelanjutan pekerjaan proyek multiyears dimaksud. (**)


Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Berani Tolak Setoran Judi, Kapolda Sumut Umrohkan Kapolsek Barus
Nikson Nababan Daftar Jadi Balon Gubernur Sumut ke DPW PPP Sumut
Bupati Lira Minta Pemprov Sumut Lanjutkan Pembangunan Jalan Pematangsiantar-Saribudolok
Kunker ke Sibolga, Kapolda Sumut Dorong Personel Lindungi Hak Nelayan
Menpora Tepis Isu PON XXI Aceh-Sumut Ditunda, Persiapan Sumut Berjalan On The Track
Kapolda Sumut Ajak Personel Polres Tapteng Perangi Narkoba
komentar
beritaTerbaru