Minggu, 05 Mei 2024
Disdik Sergai Gelar Malam Anugerah Inovasi Pendidikan

Bupati Soekirman Minta Lanjutkan ‟Gerappah‟ dan Sempurnakan GCL

- Senin, 17 Desember 2018 10:44 WIB
292 view
Bupati Soekirman Minta Lanjutkan ‟Gerappah‟ dan Sempurnakan GCL
SIB/ Rimpun H Sihombing
Sergai (SIB) -Dinas Pendidikan (Disdik) Serdangbedagai (Sergai) menggelar malam Anugerah Inovasi Pendidikan Tahun 2018, Jumat (14/12) malam di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame, Kecamatan Pantaicermin.

Turut hadir perwakilan Pusbang Film Kementrian Pendidikan Kasubdit Kearsipan Espita Riama beserta Didik Indrawan, tenaga ahli anggota DPR RI Komisi X Wahyudi, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, Camat Pantaicermin Drs H Benny Saragih MM, motivator dan seniman muda Rani Jambak, para Kabid dan Korwil, para Kepala SD, SMP, SMA sederajat, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta Siswa SD/SMP se-Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengapresiasi  inovasi yang dilakukan pimpinan Disdik Sergai. Meskipun banyak rintangan, semua program tetap harus berjalan dengan baik. "Terbukti, dengan terlaksananya kegiatan malam anugerah inovasi pendidikan ini", ujarnya.

Menurutnya, malam anugrah itu menjadi satu monumental sebagai penambah ilmu pengetahuan bagi semua dan menjadi tonggak kemajuan pendidikan Kabupaten Sergai. "Meski guru bukan orang hebat, namun semua orang hebat pasti berhutang budi kepada guru. Karena, semua prestasi, akarnya ada pada guru sebagai pembimbing", tegasnya.

Dinas Pendidikan kata bupati merupakan wajah daerah, jika anak Sergai pintar dan cerdas, maka yang akan bangga tentu semua masyarakat Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. Anak Sergai memang anak kampung, namun kemampuan dan prestasinya bukan  kampungan, karena banyak yang telah meraih prestasi mendunia.

"Untuk itu kepada jajaran Dinas Pendidikan saya minta agar terus melanjutkan program Gerakan Pelajar Peduli Sampah (Gerappah) dan menyempurnakan GCL (Geen, Clean and Life) yang menjadi program unggulan Disdik Sergai", pintanya.

Kepada para pemenang anugerah inovasi pendidikan, Soekirman berpesan untuk meningkatkan prestasi lagi hingga ke level  yang lebih tinggi. "Terapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dari sekolah yang unggul agar dapat mereplikasi yang telah berhasil untuk memajukan kualitas sekolah masing-masing. Jika dapat dilaksanakan dengan baik, maka akan muncul juara-juara baru dengan inovasi-inovasi baru pula", imbau Soekirman.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Drs Joni Walker Manik MM melaporkan kegiatan itu merupakan puncak  rangkaian Hari Guru Tahun 2018 serta sebagai ungkapan terimakasih kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Sergai agar meningkatkan efesiensi, relevansi, kualitas dan efektivitas sekolah. Kemudian mengejar ketertinggalan dibidang ilmu dan teknologi, mengusahakan terselenggaranya pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah serta memberikan motivasi kepada kepala sekolah untuk bertugas lebih baik lagi.

Menurut Joni, latar belakang kegiatan ini adalah saat dirinya berangkat belajar sanitasi ke Jambi beberapa waktu lalu  yang menjadi tonggak terbentuknya Gerappah sebagai gerakan peduli lingkungan yang dimulai dari  sekolah dengan konsep Green, Clean and Life (GCL). Artinya, lingkungan sekolah yang hijau dan bersih, akan memunculkan nilai kehidupan yang inspiratif.

"Kita sudah buktikan  dengan karya nyata, karena termotivasi dari iimbauan dan bimbingan bupati dan wakil bupati  menjadikan kami terinspirasi guna memberikan apresiasi kepada masyarakat pendidikan di  Sergai", harap Joni Walker.

Kegiatan yang dikemas layaknya penyerahan award tingkat nasional ini berhasil memberikan anugerah inovasi terbaik kepada sekolah jenjang SD dan SMP dengan berbagai kategori berdasarkan penilaian dari dewan juri yang melibatkan dewan pendidikan, para Kabid, Korwil dan stakeholder Disdik.

Adapun sekolah yang berhasil meraih penghargaan untuk kategori Inovasi Tata Laksana Manajemen Sekolah  jenjang SD diraih SDN  104325 Kampung Manggis, Kecamatan Tebing Syahbandar. Sedangkan untuk jenjang SMP diraih SMPN 1 Pantaicermin. 

Kategori Inovasi Pembelajaran untuk  jenjang SD diraih SDN 106224 Kerapuh Kecamatan Dolokmasihul dan jenjang SMP diraih SMPN 3 Perbaungan. 
Untuk kategori Inovasi Pelaksana Literasi Sekolah terbaik untuk jenjang SD diraih SDN 108293 Perbaungan Kecamatan Perbaungan dan untuk jenjang SMP diraih SMPN 1 Pantaicermin. Terakhir, kategori Penataan Lingkungan Sekolah terbaik jenjang SD diraih SDN 104325 Kampungmanggis dan  jenjang SMP diraih SMPN 1 Pantaicermin. (C02/c)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sepeda Motor Pedagang Mi di Taput Hilang
Kalah dari China, Indonesia Gagal Bawa Pulang Piala Thomas
Punya Pengaruh Besar, Kombes Hadi Minta Media Edukasi Masyarakat
Final Thomas Cup 2024, Indonesia 1-2 China
Sekda Lepas Kontingen Labuhanbatu Ikuti MTQ Korpri Sumut
Gelombang Panas Melanda Sejumlah Negara Asia
komentar
beritaTerbaru