Sabtu, 18 Mei 2024 WIB
Sekolah Pertama di Kota Galang

Sofyan Tan Resmikan Sekolah Taman Siswa Usai Direhab

- Senin, 24 Desember 2018 10:56 WIB
431 view
Medan (SIB) -Anggota DPR RI, dr Sofyan Tan kembali meresmikan  gedung SD Taman Siswa Cabang Galang, Kabupaten Deliserdang Selasa, (18/12), setelah selesai direhab melalui  dana Program Indonesia Pintar (PIP) sebesar Rp450 juta. Peresmian itu ditandai  pemotongan tumpeng, penandatanganan prasasti dan gunting pita oleh dr Sofyan Tan, Ketua Perguruan Taman Siswa, Ki Legino dan Prof Bungaran Antonius Simanjuntak selaku alumni Taman Siswa.

"Sekolah ini sudah cantik, dengan diresmikannya gedung Taman Siswa diharapkan timbul kenyamanan dalam proses belajar dan mengajar di sekolah, baik untuk guru dan anak didik. Gedung sekolah yang telah dibangun dan dibenahi melalui bantuan Pemerintah agar dirawat sebaik-baiknya," katanya. 

Sofyan Tan menyatakan, peresmian rehab gedung SD Taman Siswa merupakan bentuk komitmennya dan mewakafkan dirinya untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia agar layak dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar. 

Rehab sekolah SD Taman Siswa menurut dia, berawal dari pertemuan dirinya dengan Prof Hungaran Antonius Simanjuntak selaku alumni Taman Siswa pada acara seminar kebangsaan di Unimed. "Saat itu saya diundang Prof Hungaran untuk berbicara tentang pendidikan. Kegelisahan hati Pak Hungaran memang luar biasa. Beliau tidak hanya memikirkan pendidikan yang ada di Indonesia tapi beliau teringat juga pada sekolah asalnya yaitu Taman Siswa cabang Galang," ungkap Sofyan Tan.

Menurutnya, kondisi sekolah Taman Siswa yang rusak parah ini sejak awal diberitahu, maka jauh-jauh hari perbaikannya sudah selesai. Padahal Taman Siswa merupakan sekolah pertama yang didirikan di Tanah Air sebelum kemerdekaaan pada 15 Agustus tahun 1925 di Galang. Malah di tempat ini merupakan pergerakan para pelajar untuk meraih kemerdekaan pada masa itu.

Selain bantuan rehab, imbuh Sofyan Tan, sebanyak 65 siswa Taman Siswa juga mendapat bantuan pemerintah melalui Program Indonesia Pintar (PIP) dari 73 siswa yang diajukan. "Jadi hutang saya pada Pak Prof sudah lunas, bantuan PIP dan rehab Rp450 juta untuk sekolah ini tidak ada potongan. Jika ada oknum yang coba-coba potong dana bantuan maka tempatnya ada di KPK," tandasnya.

Prof Bungaran Antonius Simanjuntak dalam sambutannya mengatakan,  bantuan rehab gedung sekolah Taman Siswa merupakan keberhasilan bersama. Karenanya keberadaan gedung sekolah yang telah direhab harus dipergunakan sebaik-baiknya oleh para siswa untuk menuntut ilmu.

Dalam kesempatan itu, Hungaran juga berjanji akan membawa sahabat lainnya ke Taman Siswa untuk membantu para guru dan siswa belajar bahasa Inggris melalui modul yang telah disiapkan.(A11/c)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polisi Gerebek MIS Seipinang Labuhanbatu, 1 Diamankan
Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota, Gedung Eks Pemerintah Bakal Jadi Begini
Hari ke-9 Film Vina Cirebon Tembus 3,9 Juta Penonton
Kasatresnarkoba Polres Madina: Penggeledahan Rumah Terduga Bandar Sabu sesuai SOP
Wabup Simalungun Hadiri Pembinaan Pramuka SWK Kodim 0207/SML 2024
Berani Tolak Setoran Judi, Kapolda Sumut Umrohkan Kapolsek Barus
komentar
beritaTerbaru