Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Harga Bawang Putih Mahal, KPPU Kanwil I akan Panggil Pelaku Usaha

Rickson Pardosi - Selasa, 14 Mei 2024 20:07 WIB
270 view
Harga Bawang Putih Mahal, KPPU Kanwil I akan Panggil Pelaku Usaha
Foto: Dok/Ist
Ridho Pamungkas
Medan (harianSIB.com)
Berdasarkan informasi harga dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), rata-rata harga bawang putih di Provinsi Sumut sebesar Rp41.400/kg.

Sementara harga bawang putih terendah ada di Provinsi Bali di harga Rp37.500 dan tertinggi ada di Maluku Utara sebesar Rp67.500. Sedangkan di Jakarta, harga bawang putih berkisar Rp57.500.

Harga tersebut jauh melampaui HET untuk bawang putih yang dikeluarkan Bapanas, yakni Rp32.000.

Baca Juga:
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, saat memimpin rapat koordinasi pengendalian inflasi, Senin (13/5/2024), mengatakan, biang kerok masalah harga bawang putih yang tak kunjung turun ini terletak pada para importir yang sudah diberikan izin impor, tetapi belum melakukan realisasi sesuai target.

Tito mengatakan, harga bawang putih di China cenderung stabil di level US$0,89 per kg. Sehingga bukan menjadi faktor penyebab naiknya harga bawang putih.

Baca Juga:
Kepala Kanwil I KPPU, Ridho Pamungkas tidak menampik kenaikan harga bawang putih yang tidak wajar ini dapat dipicu oleh perilaku importir yang enggan merealisasikan izin impornya. Namun untuk memastikannya, KPPU Kanwil I akan segera memanggil importir dan distributor bawang putih yang ada di Sumut.

"Dengan asumsi harga di Tiongkok di level 0,89 USD per dolar, setelah ditambah biaya pengangkutan, bongkar muat, sortir, penyimpanan, distribusi dan margin, maka harga yang wajar di tanah air sekitar Rp28-29 ribu. Sedangkan untuk tingkat pengecer di Sumut di kisaran Rp31 ribu-Rp32 ribu. Artinya saat ini memang ada persoalan harga yang tidak wajar yang menunjukan suplai and demand tidak normal," ujar Ridho, Selasa (14/5/2024), di Medan


Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
BBPOM Medan Lakukan Pembinaan 153 Sarana Produksi dan Distribusi
Tidak Bayar Denda, KPPU Gandeng Kejagung Eksekusi 191 Pelaku Usaha
Forda UKM Sumut Minta Kepolisian Lindungi Pelaku Usaha
ReyForBusiness, Solusi bagi Pelaku Usaha Hadapi Tantangan Resesi Ekonomi
Pj Wali Kota Ajak Pelaku Usaha Lebih Giat Promosi Untuk Menarik Wisatawan
Pekan Inovasi dan Investasi VIII Sumut Ditutup, Para Pelaku Usaha Diajak Urus Surat Izin
komentar
beritaTerbaru