Senin, 20 Mei 2024 WIB

Mantan Menteri Keuangan dan Gubernur BI Jadi Penasehat KPPU

Rickson Pardosi - Kamis, 16 Mei 2024 21:45 WIB
233 view
Mantan Menteri Keuangan dan Gubernur BI Jadi Penasehat KPPU
Foto : Dok/ KPPU
Fuad Bawazier (kiri) dan Burhanudin Abdullah (kanan).
Medan (harianSIB.com)
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menetapkan 3 tokoh masyarakat yakni Fuad Bawazier, Burhanudin Abdullah dan Sahala Benny Pasaribu sebagai Penasihat KPPU.

Dewan penasihat tersebut ditetapkan berdasarkan Keputusan Ketua KPPU No. 18.1/KPPU/Kep.1/IV/2024 tentang Pembentukan Dewan Penasihat KPPU tanggal 24 April 2024 ini, bertugas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan dalam kebijakan strategis untuk mencapai tujuan Undang-Undang Persaingan Usaha dan Undang-Undang UMKM.

Ketua KPPU, M. Fanshurullah Asa (yang akrab dipanggil Ifan) Kamis (16/5/2024) optimis untuk KPPU yang lebih baik dengan kehadiran dewan penasihat ini.

Baca Juga:

"Dengan kesediaan nama-nama dan tokoh besar untuk bergabung sebagai penasihat di KPPU, insya Allah akan mampu mengangkat marwah dan kinerja KPPU ke depan, sebagai satu-satunya otoritas pengawas persaingan usaha di republik ini," tegas Ifan melalui siaran pers yang diterima KPPU Wil.1 Medan, Kamis (16/5/2024).

Sebagaimana ketahui, Fuad Bawazier merupakan mantan Menteri Keuangan RI yang juga pernah menjadi anggota DPR untuk periode 1999-2004 dan periode 2004-2009 dan Burhanudin Abdullah, merupakan Menteri Koodinator Bidang Perekonomian RI di bawah Pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid. Dia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia dan Gubernur International Monetary Fund (IMF) di Indonesia.

Baca Juga:

Sementara itu, Sahala Benny Pasaribu merupakan Ketua KPPU tahun 2009-2010 dan anggota KPPU periode 2006-2012. Dia juga pernah menjadi Ketua Panitia Anggaran dan Ketua Komisi IX DPR RI, serta Deputi Menteri BUMN.

Selain dewan penasihat, KPPU juga menunjuk 3 pakar sebagai dewan pakar guna mengoptimalkan peran KPPU di masyarakat, serta menajamkan arahan Pimpinan KPPU terhadap hukum dan kebijakan persaingan. Dewan Pakar tersebut terdiri dari Muhammad Aswan (Universitas Hasanuddin Makassar), Taufikurrahman (praktisi multi bidang), dan Widya Ais Sahla Karsayuda (Politeknik Negeri Banjarmasin).

Ketiga dewan pakar tersebut dilantik Ketua KPPU, M. Fanshurullah Asa, Kamis (16/5/2024 ) di Kantor Pusat KPPU Jakarta.(**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
KPPU Medan Tinjau Pasar Petisah dan MMTC, Temukan Perbedaan Harga Kebutuhan Pokok
Harga Bawang Putih Mahal, KPPU Kanwil I akan Panggil Pelaku Usaha
Kapolsek Limapuluh Cooling Sistem kepada Tokoh Masyarakat
KPPU Bahas Tingginya Harga Gula dengan PT SGN
KPPU Temui Wantimpres, Bahas Penguatan Pengawasan Persaingan Usaha
KPPU Rangkul PP Muhammadiyah Dorong Ekonomi Berkeadilan
komentar
beritaTerbaru