Selama Seminggu, Kasus Covid-19 di Sumut Tambah 23 dan Meninggal Satu Orang


290 view
Selama Seminggu, Kasus Covid-19 di Sumut Tambah 23 dan Meninggal Satu Orang
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Ilustrasi.

Medan (SIB)

Kasus konfirmasi positif Covid-19 selama seminggu di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bertambah 23 kasus, sembuh 34 orang, meninggal satu orang. "Jumlah tersebut dari tanggal 30 Mei-5 Juni 2022," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis MM, seperti dilansir dari harianSIB.com, Minggu (5/6).


Ia mengatakan penambahan konfirmasi positif pada 30 Mei 2022 sebanyak dua kasus, sembuh dua orang, meninggal nihil.


Penambahan konfirmasi positif pada 31 Mei sebanyak tiga kasus, sembuh satu orang dan meninggal nihil.


Penambahan konfirmasi positif pada 1 Juni sebanyak lima kasus, sembuh 10 orang, meninggal nihil. Penambahan konfirmasi positif pada 2 Juni sebanyak dua kasus, sembuh dua orang, meninggal nihil.


Penambahan konfirmasi positif pada 3 Juni sebanyak lima kasus, sembuh tiga orang, meninggal satu orang. Penambahan konfirmasi positif pada 4 Juni sebanyak tiga kasus, sembuh dua orang, meninggal nihil.


Penambahan konfirmasi positif pada 5 Juni sebanyak tiga kasus, sembuh 14 orang, meninggal nihil. "Total kasus corona di Sumut mencapai 155.088 orang, sembuh 151.770 orang, meninggal 3.255 orang," sebutnya.


Sementara, Provinsi Sumut peringkat sembilan sebagai daerah penyumbang kasus baru corona di Indonesia, pertanggal 5 Juni 2022. Peringkat pertama yaitu DKI Jakarta sebanyak 195 kasus, Jawa Barat peringkat kedua sebanyak 60 kasus.


Jawa Timur peringkat ketiga sebanyak 36 kasus, Banten peringkat keempat sebanyak 36 kasus, Jawa Tengah peringkat kelima sebanyak 16 kasus, Bali peringkat keenam sebanyak 15 kasus.


Papua Barat peringkat ketujuh sebanyak delapan kasus dan DI Yogyakarta peringkat kedelapan sebanyak enam kasus.


Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) secara resmi menghentikan operasional Rumah Sakit (RS) GL Tobing Tanjungmorawa sebagai RS Darurat Rujukan Covid-19. Hal tersebut dilakukan seiring melandainya kasus dan relatif terkendalinya Covid-19 di Provinsi Sumut.


Sejak resmi memulai operasionalnya pada 27 Maret 2020 lalu, RS GL Tobing telah merawat sebanyak 1.886 pasien Covid-19, 1.798 pasien sembuh, 14 pasien meninggal, dan sisanya dirujuk ke RS lain. Untuk selanjutnya, RS GL Tobing Tanjungmorawa akan kembali menjalankan pelayanan untuk masyarakat sebagaimana sebelumnya.


Gubernur Sumut diwakili Liaison Officer Badan Nasional Penanggulangan Bencana Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para relawan dan seluruh pihak yang terkait, yang telah berperan aktif selama operasional RS Darurat tersebut.


“Terima kasih dan apresiasi kami sampaikan kepada para relawan dokter, perawat, tenaga kesehatan, tenaga pendukung medis, direktur dan manajemen rumah sakit atas kerja keras, dedikasi, pengorbanan dan profesionalisme yang akan terukir selamanya sebagai pahlawan pejuang dalam penanganan pandemi Covid-19,” ujarnya, Sabtu (4/6).


Apresiasi yang sama juga disampaikan kepada jajaran Direksi PTPN 2 dan PT Tembakau Deli Medika, atas kerja sama yang sangat baik yang selama ini terjalin dengan Pemprov Sumut. Diharapkan ke depannya kerjasama serupa akan tetap terjalin dalam pembangunan dan program-program Sumut yang bermartabat. (SS6/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com