Wapres Minta Pemda Wilayah Rawan Gempa Siapkan Sistem Peringatan Dini


125 view
Wapres Minta Pemda Wilayah Rawan Gempa Siapkan Sistem Peringatan Dini
Foto : Dok.KLHK
Wapres Ma'ruf Amin

Jakarta (SIB)

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta agar pemerintah daerah (Pemda) yang wilayahnya tergolong rawan gempa menyiapkan sistem peringatan dini (early warning system). Hal ini bertujuan untuk mencegah korban dalam jumlah besar.

"Lebih pada kesiapan pemerintah daerah untuk menghadapi setiap kemungkinan, dan masyarakat supaya diedukasi untuk untuk daerah gempa itu diberikan semacam 'early warning', aba-aba yang apabila akan terjadi gempa," kata Ma'ruf seperti dilansir Antara, Rabu (23/11).

"(Peringatan awal) ini yang seperti tsunami sudah mulai ada ya, kita minta itu ada tanda-tanda semacam peringatan, tanda peringatan," imbuhnya.

Ma'ruf menyebut ,hingga saat ini ilmu pengetahuan baru dapat memprediksi bahwa gempa dapat terjadi di wilayah tertentu.

"Memang soal gempa itu kan (bisa) diperkirakan akan terjadi, bahwa di sini akan terjadi gempa sudah ada, tapi yang belum ada sampai sekarang kapannya itu. Untuk kapannya, belum bisa, ilmu pengetahuan masih belum dapat mengatakan kepastian hari ini, jam sekian," jelasnya. (detikcom/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com