BRI Unit Menteng Launching Pasar.id dan Stroberi kepada Pedagang Pasar Baru Simpang Limun Medan

*Selama Ini Pedagang Pinjam Modal dari Rentenir

254 view
BRI Unit Menteng Launching Pasar.id dan Stroberi kepada Pedagang Pasar Baru Simpang Limun Medan
Foto: SIB/Horas Pasaribu
FOTO BERSAMA: Kepala BRI Cabang Medan Sisingamangaraja Totok Siswanto,  Kepala BRI Unit Menteng Ucok Pardosi, Owner Pasar Baru Seksama Simpang Limun H Helmi Ismail, Manajer Pasar Barus Seksama Arifin Siregar foto bersama pedagang, usai launching Pasar.id dan Solusi Transaksi Elektronik BRI (Stroberi), Rabu (22/9/2021), di Pasar Baru Seksama Simpang Limun, Medan.
Medan (SIB)
BRI Unit Menteng Cabang Medan Sisingamangaraja melaunching Pasar.id dan Stroberi (Solusi Transaksi Elektronik BRI) dengan pedagang Pasar Baru Seksama Simpang Limun, Kecamatan Medan Kota, Rabu (22/9) di Pasar Baru Simpang Limun. Hadir pada launching tersebut, Pimpinan BRI Cabang Medan Sisingamangaraja Totok Siswanto, Owner Pasar Baru Seksama Simpang Limun H Helmi Ismail, Manajer Pasar Baru M. Arifin Siregar, Kepala Unit BRI Menteng Ucok Hendra Pardosi dan para pedagang.

Totok Siswanto mengatakan, BRI telah menyiapkan sistem pinjaman dan pembayarannya melalui AGEN BRIlink, sehingga pedagang tidak perlu ke sana-kemari, cukup duduk di tempat, semuanya bisa dilakukan BRI. Untuk tabungan BRI, nasabah sudah diberi aplikasi BRIMO yang di dalamnya ada keunggulan yang sangat banyak, bisa mengetahui saldo, bisa transfer dan kemudahan lainnya. Selain itu, ada juga sistem pembayaran lainnya seperti QRIS dan BRI Mobile. “Guna mengurangi kontak fisik untuk mencegah Covid-19. Semoga ke depan kita bisa menjalin hubungan yang lebih erat lagi. Kami harapkan pedagang Pasar Baru ini bisa jadi percontohan di Sumut,” ucap Totok.

Sementara itu, Kepala BRI Unit Menteng Ucok Hendra Pardosi mengatakan, BRI ada meluncurkan pinjaman KUR Mikro dengan bunga 6 persen per tahun atau 0,2 persen per bulan. Pinjaman mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 50 juta jangka waktu pinjaman maksimal 60 bulan. BRI akan terus megedukasi para pedagang dalam menggunakan Pasar.id dan Stroberi dengan membuka atau Mendownload Pasar.id di Google play store di dalamnya ada pasar Seksama.

“Pedagang kita akan menikmati keuntungannya ketika nanti jual beli dilakukan secara digital. Kepada para pedagang yang sudah mengajukan pinjaman KUR kami harap bersabar, karena kami akan melakukan survei terlebih dahulu. BRI memberi pinjaman sesuai kebutuhan pedagang, bukan berdasarkan keinginan,” terang Ucok.

Owner Pasar Baru Seksama Simpang Limun H Helmi Ismail mengatakan, jumlah pedagang di pasarnya ada 460 pedagang, terdiri dari pedagang ikan, sembako, sayur mayur, buah segar dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Sistem sewa kios atau loose bisa bayar cicil per hari agar tidak sulit mengumpulkan uangnya, bayar bulananpun boleh. Umumnya pedagang sudah mau berjualan di tempat yang nyaman, tidak mau lagi di tempat yang tidak jelas seperti di pinggir jalan.

Para pedagang sangat bersuka cita dengan kehadiran KUR ini karena sangat membantu, karena tidak terjerat dengan tagihan yang memberatkan.

“Inilah harapan pedagang, meminjam uang tanpa terikat dengan bunga seperti pada rentenir yang mengenakan denda bahkan sampai kena penalty. Dengan kehadiran BRI mereka berhadapan dengan orang profesional. Pedagang butuh modal harian karena perlu bayar tempat berdagang, membeli bahan dagangan jika ada permintaan lebih dari konsumen. Kami berterima kasih kepada BRI yang bisa menyahuti keperluan pedagang,” tuturnya. Hal senada dikatakan Manajer Pengelola Pasar Baru, M. Arifin Siregar kehadiran KUR Mikro sangat luar biasa. (A8)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com