Bupati Deliserdang Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya


120 view
Bupati Deliserdang Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya
(Foto: Dok/Kominfo)
DIABADIKAN: Bupati Ashari Tambunan (5 kiri) dan Ketua TP PKK Yunita Ashari (6 kanan) angkat piala dan piagam penghargaan APE saat diabadikan dengan pejabat lainnya di Lubukpakam, Rabu (13/10).
Lubukpakam (SIB)
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Kategori Madya (pengembang) pada acara Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020 yang digelar secara virtual di Kantor Bupati, Lubukpakam, Rabu (13/10).

Seperti diketahui APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). Dimana, PUG merupakan indikator pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Untuk Kabupaten Deliserdang, sudah kelima kalinya penghargaan APE tersebut diterima. Sebelumnya pada tahun 2012, 2014, 2016, 2018 dan yang terbaru pada tahun 2020.

Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyerahkan penghargaan APE 2020 yang digelar pada 2021 tersebut. Terdapat 13 kementerian/lembaga, 29 provinsi dan 266 kabupaten/kota yang menerima penghargaan.

“Penghargaan sebagai gambaran implementasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan oleh kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah atas usaha mereka melaksanakan strategi pengarusutamaan gender,” kata Ayu.

Kadis Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (P2KB dan P3A) Deliserdang Era Permata Sari SH MM mengungkapkan bahwa pihaknya kembali mendapatkan APE kategori Madya sebab Kabupaten Deliserdang komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

“Komitmen itu diwujudkan dengan mengikutsertakan pada kegiatan yang berada di OPD, di situlah tampak peran perempuan untuk senantiasa berkiprah dalam pembangunan Kabupaten Deli Serdang antara lain di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya maupun politik,” kata Era Permatasari.

Hadir mendampingi Bupati pada kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Deliserdang Hj Yunita Ashari, Wakil Ketua TP PKK Hj Sri Pepeni Yusuf, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Herawati Darwin Zein dan para pimpinan OPD terkait. (C3/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com