DPRD Setujui KUA-PPAS APBD TA 2022 dan Perda Infrastruktur Perumahan-Permukiman Kabupaten Sergai


272 view
DPRD Setujui KUA-PPAS APBD TA 2022 dan Perda Infrastruktur Perumahan-Permukiman Kabupaten Sergai
(Foto Dok/Diskominfo Sergai)
PERLIHATKAN : Bupati Sergai, H Darma Wijaya dan Ketua DPRD, dr M Riski Ramadhan Hasibuan didampingi para Wakil Ketua DPRD memperlihatkan nota kesepakatan bersama persetujuan KUA-PPAS APBD TA 2022, Selasa (19/10).
Sergai (SIB)
DPRD Kabupaten Serdang-bedagai (Sergai) menyetujui Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2022 pada rapat paripurna yang digelar, Selasa (19/10), di Ruang Paripurna DPRD Sergai, Seirampah.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Sergai dr M Riski Ramadhan Hasibuan didampingi para Wakil Ketua yakni, Siswanto, Samsul Bahri dan Merlin Barus itu dihadiri Bupati H Darma Wijaya dan diikuti para anggota dewan, baik hadir langsung maupun secara virtual, serta perwakilan kepala OPD.

Pembahasan Badan Anggaran (Banggar) DPRD terhadap KUA-PPAS TA 2022 dalam laporan yang disampaikan Ilham Ritonga merinci proyeksi pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah tahun 2022 dalam rancangan KUA-PPAS TA 2022 yakni, pendapatan daerah Rp 1,16 triliun terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 166,09 miliar dan pendapat transfer Rp 1,002 triliun.

Kemudian, dalam sektor belanja daerah, totalnya Rp 1,129 triliun yang terbagi dalam belanja operasional sebesar Rp 759,04 miliar, belanja modal Rp 90,5 miliar, belanja tidak terduga Rp 5 miliar, dan belanja transfer Rp 275,3 miliar.

"Kebijakan pengeluaran pembiayaan daerah TA 2022 dianggarkan Rp 38.767.500.000 dan digunakan untuk membayar cicilan hutang kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI)," jelasnya.

Ilham lebih lanjut menyatakan, hasil pembahasan Banggar terhadap rancangan KUA-PPAS TA 2022 terbagi dalam 4 poin yaitu, Banggar DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sepakat terhadap KUA-PPAS tersebut dengan melihat asumsi dasar yang digunakan dalam APBN maupun APBD Provinsi Sumatera Utara, sesuai tema RKPD Kabupaten Sergai 2022 dan terangkum pada 7 program pembangunan yang disebut dengan "Sapta Dambaan".

Lalu, fokus belanja daerah lebih diarahkan kepada penanganan urusan kesehatan sebagai akibat pandemi Covid-19 dan penyelamatan perekonomian. Banggar DPRD bersama TAPD sepakat postur anggaran di dalam rancangan KUA-PPAS TA 2022, sebagai-mana yang telah disusun oleh Pemkab Sergai.

"Terakhir, Banggar DPRD merekomendasikan kepada sidang dewan terhormat untuk dapat menyetujui rancangan KUA-PPAS TA 2022 agar disepakati bersama," pungkasnya.

Usai mendengarkan laporan hasil pembahasan Banggar, Ketua DPRD kemudian mempertanyakan apakah rancangan KUA PPAS TA 2022 dapat disetujui dan disambut sepakat oleh seluruh anggota DPRD (peserta paripurna). Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara nota kesepakatan bersama oleh Ketua DPRD beserta para Wakil Ketua dan Bupati Sergai.

Selain menyetujui KUA-PPAS TA 2022, paripurna tersebut juga menyetujui Perda Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan terimakasih ke seluruh Anggota DPRD, terutama pada Banggar dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) serta semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam memberikan saran, masukan maupun koreksi terhadap KUA-PPAS TA 2022 dan Ranperda tentang penyerahan prasarana, sarana dan utilitas perumahan dan pemukiman di Sergai.

"Alhamdulillah, proses perumusan dan penyempurnaan KUA-PPAS 2022 dan Ranperda tersebut telah kita lalui dan selesaikan dengan baik. Kita berharap, KUA-PPAS 2022 yang telah disepakati ini dapat mencerminkan visi dan misi Kabupaten Sergai yang mandiri, sejahtera, dan religius (Maju Terus)," ungkapnya.

Pria yang kerap disapa Wiwik itu pun menegaskan, dalam memberikan pelayanan dan mensejahterakan masyarakat, pihaknya akan terus memprioritaskan pembangunan infrastruktur daerah, demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Serdangbedagai.

"Semoga, kita tetap dapat menjaga kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik," kata Bupati Sergai. (C4/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com