Sabtu, 20 Juli 2024

RSUD Drs H Amri Tambunan Miliki 7 Pelayanan Prioritas Nasional Kemenkes

Redaksi - Jumat, 31 Maret 2023 14:03 WIB
264 view
RSUD Drs H Amri Tambunan Miliki 7 Pelayanan Prioritas Nasional Kemenkes
Foto: SIB/Jekson Turnip
DIABADIKAN: Direktur RSUD Drs H Amri Tambunan, dr Hanip Fahri (2 kiri) didampingi Wadir I dr Evy Hutagalung, Wadir II dr Erlind
Lubukpakam (SIB)
Direktur RSUD Drs H Amri Tambunan, dr Hanip Fahri SpKj MKed Mkej mengatakan, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menunjuk rumah sakit yang ia pimpin menjadi rumah sakit regional 7 pelayanan prioritas nasional.
Dengan demikian Kota Lubukpakam sebagai lokasi RSUD Drs H Amri Tambunan dapat diharapkan berkolaborasi sebagai kota wisata hospital.
"Sudah ditunjuk (Kemenkes) 7 pelayanan prioritas nasional Kemenkes yaitu kanker, jantung, stroke, uronefrologi, kesehatan ibu dan anak, tuberculosis dan pelayanan diabetes melitus. Setelah ditunjuk maka diharapkan akan ada sarana dan fasilitas pendukung bukan di RSUD saja namun kolaborasi dari Kota Lubukpakam sebagai pendukung," kata dr Hanip saat diwawancarai usai diskusi publik di RSUD setempat, Lubukpakam, Kamis (30/3).
Dijelaskan, karena sudah rumah sakit regional maka yang memanfaatkan RSUD Drs H Amri Tambunan bukan warga Lubukpakam atau warga Deliserdang namun dari semua daerah di Sumut bahkan luar Sumut. Disebut tidak semua rumah sakit beruntung mendapat penunjukan regional tersebut.
"Persoalan hari ini kita buat fasilitas di RSUD Drs H Amri Tambunan maka keluarga pasien yang dari luar Deliserdang nginapnya dimana? Sebab hotel untuk di Lubukpakam belum ada. Sarapan dan makan di mana? Ini harapan saya nanti bisa berkolaborasi yaitu Kota Lubukpakam berkembang bila perlu menjadi kota wisata hospital," harap doker spesialis kejiwaan itu.
Menurut dia, penunjukan Kemenkes itu karena RSUD yang ia pimpin sudah lebih baik. Sebab sudah ditunjuk maka dibuat forum diskusi secara profesional untuk mendapatkan masukan dan evaluasi ke depannya.
"Kalau sudah bagus kita buat bagus RSUD ini tau-tau banyak copet dan lainnya atau tidur pun payah atau makanan tak enak. Peran wartawan untuk rekomendasi nginap dan makan di Lubukpakam juga dibutuhkan bagi keluarga pasien yang datang dari luar kota. Rumah sakit kita sudah ditunjuk regional pelayanan khusus untuk 7 pelayanan dan akan berkembang ke depannya," tutur dr Hanip.
Lebih lanjut dijelaskan dr Hanip, tujuan konsultasi publik sebab diwajibkan untuk rumah sakit yang baik. Sebagai sarana masukan ke pihak RSUD dan juga evaluasi di internal bagian rumah sakit sebagai penjamin mutu dan kualitas mutu.
"Selain 7 pelayanan prioritas kita juga ada pelayanan unggulan yaitu bedah urologi, tumbuh kembang anak, instalasi pelayanan intensif, bedah ortopedi hip and knee, medical check up, endoskopy center, unit stroke dan hydroterapi," tutur dr Hanip. (C2/a)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Robot Pembasmi Covid-19 yang Disita KPK di Kasus APD Kemenkes Harganya Setengah Miliar
Perawat RS Adam Malik Dipercaya Sebagai TKHK dalam Ibadah Haji 2024
Pj Bupati Deliserdang Apresiasi Fasilitas Kesehatan di RSUD Drs H Amri Tambunan
3.883 Kasus TB/TBC di Kota Medan Sedang Diobati
DPRD SU Desak Kemenkes dan Dinkes Gerak Cepat Antisipasi Mewabahnya Malaria di Nisel
DPRD SU Desak Kemenkes RI dan Dinkes Gerak Cepat Antisipasi Mewabahnya Kasus Malaria di Nisel
komentar
beritaTerbaru