Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Rehabilitasi Daerah Irigasi Siborna Berbiaya Rp 2, 6 M Dikerjakan

Redaksi - Kamis, 10 Agustus 2023 16:17 WIB
214 view
Rehabilitasi Daerah Irigasi Siborna Berbiaya Rp 2, 6 M Dikerjakan
Foto : DIB/ Hasudungan Siahaan
REHABILITASI DI : Kabid Dinas PUTR Simalungun Rizal Lubis ( nomor 3 kiri ) bersama L Tobing dan Kepala UPTD Panei P Purba sedang mengamati pelaksanaan kegiatan rehabilitasi Daerah Irigasi ( DI ) Siborna, Rabu ( 9/8 ). 
Simalungun (SIB)
Guna kelancaran distribusi air untuk 400 Ha lebih lahan sawah, perbaikan Daerah Irigasi ( DI ) Siborna sedang dikerjakan dengan biaya Rp 2, 6 miliar, bersumber dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Simalungun tahun 2023.

Kabid PUTR Simalungun Rizal Lubis ketika ditemui di lapangan, Rabu ( 9/8 ) menjelaskan perbaikan saluran merupakan pengembangan dan pengelolaan sistem primer dan sekunder pada daerah lahan persawahannya, di bawah 1.000 Ha dalam satu daerah kabupaten/ kota.

Biaya rehabilitasi jaringan irigasi di Desa Pulo Siborna Kecamatan Panei dikatakannya, bersumber dari DAK Simalungun tahun anggaran 2023 sebesar Rp 2,6 miliar lebih.

Kegiatan rehabilitasi diharapkan, dapat mendukung eksistensi usaha tani secara khusus lahan persawahan dalam upaya pengadaan bahan pangan beras, baik untuk kebutuhan lokal maupun nasional.

Lahan persawahan di wilayah DI Siborna lebih kurang 420 Ha, cukup potensial dikembangkan baik secara intensifikasi maupun ekstensifikasi lahan, difungsikan atau ditanami secara bergantian padi kemudian palawija seperti jagung.

" Untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari usaha tani sebagai mata pencaharian utama, Pemkab Simalungun melalui Dinas PUTR ( Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ) melakukan perbaikan saluran irigasi untuk mendukung ketersediaan air di petak persawahan, sesuai kebutuhan mengikuti tertib pola tanam," jelas Rizal.

Pelaksanaan pekerjaan dimulai bulan Juni dan diharapkan sudah selesai paling lambat 18 Desember 2023. ( BR 4/r )


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
140 WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Senam Bersama
Kapolrestabes Medan Perkuat Kolaborasi Tangani Penyalahgunaan Narkoba
Kapolrestabes Medan: Kita Berupaya Merehabilitasi Penyalahguna Narkoba
Proyek Perbaikan Selesai di Desember 2023, Irigasi Siborna di Simalungun Belum Berfungsi
Akan Diresmikan Kapolda, Kapolres dan Walikota Cek Ruang Rehabilitasi Napza RSUD Djasamen Saragih
Kepala PKH Wilayah II Pematangsiantar Cek Lokasi Penebangan Kayu di Sitahoan
komentar
beritaTerbaru