Salat Ied di Labusel Dilaksanakan di Masjid


148 view
Salat Ied di Labusel Dilaksanakan di Masjid
Foto DokRawpixel.com on freepik
Ilustrasi 
Kotapinang (SIB)
Masih mewabahnya Covid-19 di Tanah Air, menyebabkan pelaksanaan Salat Idul Fitri (Ied) di Kabupaten Labusel, yang biasanya berlangsung di berbagai lapangan terbuka dipindahkan ke masjid-masjid.

Sejumlah masjid di Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang, yang melaksanakan Salat Ied 1442 H, pada Kamis (13/5/2021) yakni, Masjid Besar Al Mustafa di Jalan Masjid, Masjid Taqwa di Jalan Kalapane, Masjid Jami' di Jalan Bedagai, Masjid Amaliah di Jalan Simaninggir, Masjid Al Iklan di Jalan Lobu, dan masjid lainnya.

Pengamatan wartawan, sejak pagi masyarakat tampak berduyun-duyun datang ke Masjid Raya Al Mustafa Kotapinang. Meskipun tidak terpusat di lapangan, namun pelaksanaan Salat Ied tetap berjalan khusyuk dan hikmad.

Turut hadir dalam pelaksanaan salat berjamaah di masjid peninggalan Kesultanan Kotapinang itu, Pj Sekdakab Labusel Fuadi, Anggota DPRD Sumut Gandi Faisal Siregar, Kapolsekta Kotapinang, AKP Bambang G Hutabarat, dan pejabat lainnya. Salat dipimpin oleh Ustad Zainal Arbain sebagai Imam dan Ustad H Maratamin Harahap sebagai Khatib.

Dalam tausiahnya Ustad Maratamin membahas mengenai hakikat Idul Fitri, setelah melaksanakan puasa Ramadan. Dia pun mengajak para jamaah untuk lebih meningkatkan ketakwaan kepada Allah.

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Labusel, M Irsan mengatakan, pelaksanaan Salat Ied di masjid-masjid untuk mencegah penyebaran Covid-19. Menurutnya, ini merupakan tahun kedua Salat Ied di Kabupaten Labusel, tidak dipusatkan di lapangan terbuka.

Sementara itu, Suasana sangat berebeda terasa pada momen penyambutan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H di Kabupaten Labusel, Rabu (12/5/201) malam. Badai virus Corona (Covid-19) membuat momen-momen malam Idul Fitri 2021 menjadi berbeda.

Tidak ada pawai kendaran hias takbiran, tidak ada arak-arakan kendaraan. Seluruh kegiatan menyambut Hari Raya Idul Fitri tersebut dilaksanakan di masjid-masjid.

"Biasanya ada lomba rias kendaraan pada malam takbiran, namun tahun ini ditiadakan. Semua kegiatan dilaksanakan di masjid, termasuk Salat Ied," kata pengurus Masjid Al Iklas Kotapinang, Nazlan.

Meski tidak ada pawai takbiran, kondisi itu tidak mengurangi keramaian jalan raya dan sejumlah tempat umum, pada malam menyambut 1 Syawal 1442 H tersebut.

Pengamatan wartawan di Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang, usai Salat Isya, ribuan masyarakat memadati jalan raya untuk sekadar jalan-jalan. Kondisi itu seperti yang terpantau di sepanjang ruas Jalan Jendral Sudirman, Jalan Bukit, Jalan Kalapane, dan lain-lain.

Kendaraan yang umumnya sepeda motor memadati badan jalan, sehingga terjadi kepadatan arus lalu lintas. Tidak hanya itu, sejumlah kendaraan yang diparkir di trotoar seperti di kawasan Gedung SB3 Kotapinang, pusat pertokoan Kotapinang, dan tempat lainnya, memicu kemacetan arus lalu lintas. (*)
Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Robert/bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com