TNI-Polri Periksa Kapal Nelayan di Asahan Antisipasi TKI Ilegal Mudik


155 view
dok. istimewa
Suasana patroli di wilayah perairan Asahan yang dilakukan oleh TNI-Polri
Tanjungbalai (SIB)
Menjelang lebaran 2021, TNI-Polri memperketat pengawasan di wilayah perairan Asahan, Sumatera Utara. Petugas juga memeriksa kapal-kapal nelayan yang kerap ditumpangi tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal untuk mudik.

Polres Tanjungbalai bersama Lanal Tanjungbalai Asahan (TBA) juga melakukan patroli di wilayah perairan dengan menurunkan 1 kapal patroli TNI AL dan 2 kapal Patroli Satpolair.

"Patroli ini gabungan Polres, Lanal, dan Kodim untuk mengantisipasi masuknya TKI ilegal dari Malaysia yang kerap menumpang kapal kapal nelayan untuk mudik," kata Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira kepada wartawan, Jumat (7/5).

Pada kesempatan itu, pihaknya juga menghimbau para nelayan tidak membawa penumpang TKI ilegal dari Malaysia. Patroli terus dilakukan hingga beberapa hari ke depan sampai menjelang lebaran, terutama di pelabuhan-pelabuhan kecil.

Pihaknya akan memberikan tindakan tegas jika ada kapal nelayan yang membawa penumpang TKI. "Sampai sejauh ini patroli digelar belum ditemukan masuknya TKI ilegal. Kita berharap wilayah perairan ini aman dan terus terjaga,"ujarnya.

Dalam patroli gabungan tersebut, yang dipimpin Kapolres Tanjungbalai, turut serta Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh dan Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory serta personel Polair Polres Tanjungbalai, TNI AL, dan TNI AD. (dtc/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com