WKRI Gencarkan Pencegahan Stunting, Partogam Giatkan Pelestarian Adat


171 view
WKRI Gencarkan Pencegahan Stunting, Partogam Giatkan Pelestarian Adat
(Foto: Dok WKRI Medan)
Stunting dan Pelestarian Adat: Ketua DPC WKRI Gereja Katolik Santo Antonius Padua Hayam Wuruk Medan, Susi Mery Junita Sinaga (2 kiri) bersama Ketua Partogam Kota Medan, Marangkup Manullang (2 kanan) bersama para tokoh yang mengapit dua pastor dalam Syukuran Natal dan Tahun Baru WKRI Medan di Christosophia Catholic Center Medan, Minggu (28/1). WKRI Medan menegaskan program pencegahan stunting dan Partogam fokus pelestarian adat. 
Deliserdang (SIB)
Pasangan suami istri Marangkup Manullang SH dan Dra Susi Merry Junita Sinaga masing-masing terpilih menjadi Ketua Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Kota Medan periode 2024-2028 dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Gereja Katolik Santo Antonius Padua Hayam Wuruk Medan.
Rabu - Kamis (31/1 - 1/2), secara terpisah, masing-masing rombongan merealisir visi misi organisasi yang dipimpinnya.
Susi Sinaga memimpin rombongan pengurus WKRI Gereja Katolik Hayam Wuruk Medan mengunjungi sejumlah panti asuhan di Medan dan Deliserdang.
“WKRI bekerja sama dengan Charoen Pokphand Indonesia membagikan telur.Rangkaian bakti sosial itu menjadi agenda rutin tapi fokusnya adalah pencegahan stunting,” ujarnya ketika bersama rombongan singgah di Panti Asuhan dan Panti Jompo Karya Kasih Monginsidi, Panti Johor dan Panti Sunggal, Kamis (1/2).
“Saya tidak tahu berapa jumlahnya tapi satu unit pick-up telus didistribusikan kepada pihak yang membutuhkan,” ujarnya.
Sebelumnya, usai pengukuhan kepengurusan via dua kali Misa Ekaristi, pengurus DPC WKRI Gereja Katolik Hayam Wuruk Medan juga berolah satu papan telur ayang unggul.
“Sekaligus untuk sosialisasi pencegahan stunting di lingkungan anggota WKRI,” tambah Susi Sinaga sambil berharap kiranya program WKRI Medan terus bergulir hingga kondidi ketahanan dan kekuatan fisik manusia Indonesia khususnya di lingkungan WKRI benar-benar baik.
Hal serupa dilakukan keluarga besar Partogam Medan. “Sesuai dengan topoksinya berbasis etnisitas, adat-istiadat dan ssejenisnya, Partogam Medan menguatkan pemahaman soal adat Batak dalam kehidupan dan kegotongroyongan dalam lingkup Partogam Medan,” ujar Marangkup Manullang.
Sebagaimana diketahui, Muscab Partogam Medan, Sabtu (20/1) memunculkan trio Marangkup Manullang SH, Jerry Edhy Manullang SE dan Nelly Manullang sebagai Ketua - Sekretaris dan Bendahara Partogam masa bakti 2024 - 2028.
Mengeksekusi program yang disusun dalam visi dan misi, yang pertama kali adalah mengadakan Bona Taon yang dipusatkan di Kompleks Akbid Senior Jalan Letjen Jamin Gintings Medan, Sabtu (3/2) dengan ketua panitia Jerry Edhy Manullang.
Caleg DPRD Kota Medan Dapil 5 No 1 PSI itu berharap kegaitan awal tahun dan yang pertama dilakukan Partogam Medan itu sukses.
“Di bawah komando Marangkup Manullang, Partogam Medan mengeksekusi visi misi Partogam yang dinakhodai Ketua Umum Dr Ir Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng,” tambahnya didampingi tokoh muda Josmar Manullang.
Visi misi itu, papar Marangkup Manullang, adalah pembangunan SDM yang fokus penguasaan iptek; Mendorong pembangunan ekonomi warga Partogam secara berkelanjutan; dan Pemantapan tata kelola dan ketahanan organisasi. “Saya berharap para sesepuh, tokoh Partogam menyupervisi langkah Partogam Medan,” ujar mantan eksekutif di BPN Deliserdang itu.
Muscab Partogam yang diisi ibadah dipimpin Pdt Mangala Manullang AMd ST itu dihadiri Penasehat Partogam Drs Marganti Manullang yang mantan Wabup Humbahas, Ketua Sirajaoloan Sumut Sanggam SH Bakkara, Sekjen Partogam Bontor Simanullang. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com