Karya Seni Digital Buatan Robot Sophia Terjual Ratusan Ribu Dolar


76 view
ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu/wsj.
Robot humanoid, Sophia yang dikembangkan oleh Hanson Robotics melukis di atas pelat plastik selama demonstrasi sebelum melelang karya seni Non-Fungible Token (NFT) miliknya di Hong Kong, China, Selasa (16/3). Foto diambil 16 Maret 2021. 

Karya seni digital dari robot manusia Sophia terjual senilai 688.888 dolar dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT).

Dikutip dari Reuters, robot Sophia berkolaborasi dengan seniman digital asal Italia, Andrea Bonaceto, yang terkenal dengan potret. Bonaceto antara lain membuat potret CEO Tesla, Elon Musk.

Robot Sophia menggabungkan sejumlah elemen dari karya Bonaceto, sejarah seni dan lukisan yang ia buat sendiri. Pembuat Sophia, David Hanson, menyebut kreasi tersebut sebagai "putaran ulang revolusi".

Karya digital berjudul "Sophia Instantiation" ini dikemas dalam format MP4 berdurasi 12 detik, menampilkan evolusi dari potret karya Bonaceot menjadi lukisan digital Sophia.

"Sophia Instantiation" juga dilengkapi dengan lukisan fisik buatan Sophia dan cetakan dari foto Sophia.

"Saya sangat senang dengan respons orang-orang terhadap teknologi baru seperti robotika... dan saya sangat gembira karena menjadi bagian dari kreativitas ini," kata Sophia.

Mengenai lelang NFT, Hanson, yang memperkenalkan Sophia pada 206 lalu, mengaku terkejut dengan betapa cepatnya lelang tersebut.

Sementara kolektor seni dan investor blockchain Jehan Chu berpendapat akan ada banyak investasi di barang-barang digital dan bahwa seni digital memiliki potensi besar. (Ant/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com