Pengguna Internet di Indonesia Bertambah 5 Juta


2.175 view
Pengguna Internet di Indonesia Bertambah 5 Juta
Photo created by macrovector on Freepik
Ilustrasi 

Medan (harianSIB.com)

Pengguna internet terus meningkat di Indonesia. Tahun ini, berdasar survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet naik lima juta.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif menyebut bahwa pertumbuhan lima juta pengguna internet pada satu tahun terakhir dianggap tidak signifikan dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 40 juta.

Salah satu tidak signifikan pertumbuhan itu, karena pada 2023 cenderung terjadi perlambatan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Data terbaru APJII penetrasi internet hanya meningkat 1,17 persen. Kalau tahun sebelumnya lebih dari 40 juta jiwa. Tahun ini jumlah penetrasi internetnya hanya bertambah sekitar 5 juta jiwa,” ujar Muhammad Arif di Jakarta belum lama ini, sebagaimana dikutip dari jawapos.com, Kamis (18/5/2023)

Dari survei APJII 2023, terdapat 215.626.156 jiwa pengguna internet dari total populasi Indonesia sebanyak 275.773.901 jiwa. Artinya penetrasi internet di Indonesia sekitar 78,9 persen atau hanya 1,17 persen lebih tinggi dari tingkat penetrasi internet 2022, yaitu 77,02 persen.

Dia menyatakan pertumbuhan pengguna internet yang rendah karena sinyal perluasan layanan internet ke seluruh penjuru wilayah Indonesia terhambat. Salah satu faktor penyebabnya adalah regulasi yang tidak harmonis antara pemerintah pusat dan daerah.

"Ketika kita mau menggelar infrastruktur akan terhambat dengan segudang regulasi di daerah," lanjut Arif.

Arif berharap pemerintah daerah mempermudah upaya pembangunan infrastruktur internet hingga pelosok. Bukan menjadikannya sebagai sumber pendapatan. Padahal dampak ekonomi dari layanan internet lebih luas dan lebih besar daripada pendapatan pajak daerah yang justru menghambat perluasan jaringan.

Editor
: Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com