Minggu, 05 Mei 2024

Zumi Zola Resmi Dipecat

- Sabtu, 19 Januari 2019 11:11 WIB
361 view
Zumi Zola Resmi Dipecat
SIB/INT
Zumi Zola
Jakarta (SIB)-Zumi Zola resmi dipecat dari jabatan Gubernur Jambi. Pemecatan itu berdasarkan surat keputusan Presiden Jokowi.

"Keppres pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi telah terbit, pemberhentian itu tertuang dalam Keppres Nomor 7/P Tahun 2019 tanggal 17 Januari 2019 yang telah diteken Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)," kata Kapuspen Kemendagri Bahtiar dalam keterangan tertulis, Jumat (18/1).

Surat tersebut telah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Jambi untuk ditindaklanjuti. Surat itu menjadi dasar hukum bagi DPRD Jambi untuk menggelar rapat paripurna.

"Dengan demikian, keppres tersebut menjadi dasar hukum bagi DPRD Provinsi Jambi untuk melakukan rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur Jambi secara tetap," kata Bahtiar.

DPRD Jambi nantinya bisa mengusulkan pengangkatan Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar, yang kini menjadi Plt Gubernur Jambi, untuk menjadi Gubernur Jambi definitif hingga masa jabatan berakhir pada 2022. Sementara itu, posisi Wakil Gubernur Jambi yang kosong nantinya ditentukan setelah pengangkatan Gubernur Jambi.

"DPRD Provinsi Jambi mengusulkan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri. Selanjutnya akan terbit Keppres pengangkat wakil gubernur menjadi gubernur. Dan jadwal pelantikan gubernur menyesuaikan jadwal Presiden yang ditetapkan Kementerian Sekretaris Negara," papar Bahtiar.

Zumi Zola diberhentikan setelah kini menjadi terpidana kasus suap pengesahan APBD Jambi. Sebelum jadi terpidana, dia ditangkap oleh KPK melalui operasi tangkap tangan. (detikcom/f)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Paskah Adalah Puncak Kebahagiaan Orang Percaya kepada Yesus Kristus
Bagai Tak Tersentuh, Bus AKDP Tetap Mangkal dan Angkut Penumpang dari Kawasan Unimed
Tim Pomdam I/BB Ringkus Pengedar Narkoba di Labuhanbatu, 104 Gram Sabu Diamankan
Final Thomas Cup 2024, Indonesia Vs China 0-2
Terminal Lubukpakam Belum Rampung, Terminal Liar Marak di Sepanjang Jalinsum
Bupati Tapsel: Monumen Juang Benteng Huraba Simbol Perjuangan dan Bukti Sejarah
komentar
beritaTerbaru