Senin, 13 Mei 2024 WIB

Jokowi Minta Semua Negara G7 Hadir di KTT G20 Bali

Redaksi - Kamis, 30 Juni 2022 09:54 WIB
599 view
Jokowi Minta Semua Negara G7 Hadir di KTT G20 Bali
Foto : Dok Kemlu
Menlu Retno.
Jakarta (SIB)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta negara kelompok G7 untuk hadir dalam KTT G20 di Bali akhir tahun nanti. Permintaan itu disampaikan Jokowi saat menghadiri KTT G7 di Jerman.

Negara yang masuk sebagai anggota G7 yakni Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Italia, Kanada, Jepang dan Inggris.

Ketujuh negara tersebut juga merupakan bagian dari anggota G20.

"Bapak Presiden meminta dukungan dan kehadiran semua negara G7 di KTT G20," kata Retno seperti dilihat dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (29/6).

Dalam forum tersebut, Retno menuturkan Jokowi memfokuskan pada isu pangan. Jokowi kata Retno mewanti-wanti terjadinya ancaman kelaparan di negara berkembang akibat kemiskinan ekstrem.

"Bapak Presiden memfokuskan isu tanah di dalam statmennya. Bahwa rakyat di negara berkembang terancam kelaparan dan jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem," ujarnya.

"Menurut data dari World Food Programme, 323 juta orang di tahun 2022 menghadapi kerawanan pangan akut. Ini permasalahan hak asasi manusia yang paling mendasar di mana perempuan dan keluarga miskin yang paling terkena dampak menghadapi kekurangan pangan," lanjutnya.[br]

Retno menyampaikan pesan Jokowi perlunya tindakan dan solusi konkrit untuk menyelesaikan persoalan pangan. Mulai dari meningkatkan produksi hingga pasokan pupuk global.

"Bapak Presiden menekankan perlu tindakan yang cepat, untuk mencari solusi kongkrit. Produksi pangan harus ditingkatkan, rantai pasok pangan dan pupuk global harus kembali normal," imbuhnya.

Seperti diketahui, Jokowi saat ini sudah meninggalkan Jerman untuk menuju Polandia. Dari Polandia, Jokowi bertolak menuju Ukraina menggunakan kereta api selama 12 jam.

"Bismillah Presiden @jokowi dalam perjalanan ke Polandia dengan pesawat dan setelah itu langsung ke Ukraina dengan menggunakan kereta api selama 12 jam. Presiden @jokowi akan bertemu dengan Presiden Zelenskyy dan Presiden Putin untuk menjalankan misi perdamaian," tulis Sekretaris Kabinet Pramono Anung lewat akun Instagramnya seperti dilihat, Selasa (28/6). (detikcom/d)

Sumber
: KORAN SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Foto Presiden Jokowi Tidak Ada, PDIP Sumut Minta Maaf
Jokowi Tegur Pemda: Jangan Semua Pusat
Jokowi dan CEO Microsoft Bahas Investasi 1,7 Miliar Dollar AS untuk Indonesia
Ucapkan Selamat Hari Buruh, Jokowi Sebut Pekerja Adalah Pahlawan Sehari-hari
Nikmati Pagi di Mataram, Presiden Jokowi Gowes Sepeda Bambu
PM Lee Puji Kontribusi Jokowi Besar Bagi Kawasan
komentar
beritaTerbaru