Kamis, 18 Juli 2024
* Tingkat Kemantapan Jalan Capai 89 Persen dan Progres Proyek Multiyears 45 Persen

Gubernur Beberkan Keberhasilannya Lima Tahun Pimpin Sumut di Rapat Paripurna DPRD SU

* Ketua DPRD SU Umumkan Jabatan Gubernur/Wagub Berakhir 5 September
Redaksi - Jumat, 18 Agustus 2023 09:24 WIB
221 view
Gubernur Beberkan Keberhasilannya Lima Tahun Pimpin Sumut di Rapat Paripurna DPRD SU
Foto SIB/Firdaus Peranginangin
Menundukkan Kepala: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menundukkan kepala sebagai tanda hormat kepada pimpinan DPRD Sumut seusai menyampaikan pidato terakhirnya pada rapat paripurna dewan, dalam agenda  pengumuman  berakhirnya masa ja
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi membeberkan sejumlah keberhasilannya selama lima tahun memimpin Sumut (5 September 2018-5 September 2023), untuk mengejar cita-cita mewujudkan Sumut yang maju, aman dan bermartabat.
Hal itu disampaikan Edy Rahmayadi pada rapat paripurna DPRD Sumut yang dipimpin Ketua Dewan Drs Baskami Ginting yang dihadiri Wagub Sumut Musa Rajekshah, Rabu (16/8) di DPRD Sumut seusai mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI.
Rapat paripurna itu juga dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Pangdam I/BB yang diwakili Brigjen Inf David Hatigoran Hutagaol SE MM MHan, Ketua Pengadilan Tinggi Sumut Dr Drs H Panusunan Harahap SH MH MH, Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo serta Danlanud Soewondo Kolonel (Pnb) Ucok Enrico Hutadjulu SH.
Adapun keberhasilan yang diraih Gubernur Sumut/Wakil Gubernur Sumut periode 2018-2023, terkhusus bidang pendidikan, telah sukses membangun 26 unit sekolah baru, revitalisasi lima SMA Negeri dan satu SMK Negeri, membangun Kampung Beasiswa di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), membangun 33 Pojok Baca dan 33 unit Gerobak Baca serta pengembangan perpustakaan digital.
Bidang kesehatan, tambah Edy, melakukan rehab Rumah Sakit Haji Medan menuju rumah sakit berskala internasional dengan skema pembiayaan multiyears dan sudah dilakukan soft opening pada 15 Agustus 2023.
"Juga mempersiapkan delapan unit mobil medis/bus kesehatan bergerak sebagai bakti kesehatan bermartabat serta telah melakukan rehab terhadap RS Jiwa untuk rehabilitasi narkoba," katanya.
Di sektor pariwisata dan budaya, katanya, Pemprov Sumut telah memberikan dukungan penataan cagar budaya Kesultanan Langkat, Situs Benteng Putri Hijau, Desa Bawomataluo Kepulauan Nias dan Lapangan Merdeka Medan.
Di bidang tata kelola pemerintahan, katanya, Pemprov Sumut telah mempertahankan pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan sebanyak sembilan kali berturut-turut, tercapainya predikat pelayanan publik menjadi A melalui penerimaan penghargaan kawasan zona hijau oleh Ombudsman RI.
Khusus bidang infrastruktur dan energi, beber Edy, pihaknya telah melakukan penanganan jalan dan jembatan sepanjang 450 Km di seluruh kabupaten/kota di Sumut, mengejar tingkat kemantapan jalan mencapai 89 persen dengan skema multiyears yang saat ini progresnya sudah mencapai 45 persen.
Selain itu, katanya, Pemprov Sumut juga telah melakukan rehabilitasi rumah layak huni sebanyak 2.957 unit, membangun sistem penyediaan air minum (SPAM) Mebidang (Medan, Binjai dan Deliserdang), pemasangan sambungan listrik bagi keluarga kurang mampu sebanyak 8.745.
"Juga telah membangun tujuh pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat dalam rangka peningkatan produksi pertanian, pembangunan Gedung VIP di Bandara Kuala Namu, pembangunan alun-alun di tujuh kota dan satu kabupaten serta pembangunan terminal di Karo, Langkat dan Kota Tanjungbalai," katanya.
Dia mengingatkan, di tahun 2024 nanti, ada tugas besar yang akan diemban oleh Pemprov Sumut, yakni tuan rumah pelaksanaan PON ke 21 Sumut-Aceh dan pelaksanaan Pemilu serentak 2024.


Umumkan
Sementara itu, Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting juga mengumumkan secara resmi terkait masa jabatan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi/Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah periode 2018-2023 yang akan berakhir pada 5 September 2023.
Pengumuman itu disampaikan Baskami Ginting saat memimpin rapat paripurna tersebut.
Menurut Baskami, pengumuman akhir masa jabatan ini sesuai amanah Undang-undang No23/2014 tentang pemerintah daerah yang menegaskan, setiap kepala daerah/wakil kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya, diumumkan oleh pimpinan dewan dalam rapat paripurna, kemudian diusulkan ke Presiden melalui menteri terkait.
"Dalam kesempatan ini, selaku pimpinan dan anggota dewan serta seluruh masyarakat Sumut, menyampaikan ucapan terima-kasih sebesar-besarnya kepada Gubernur/Wakil Gubernur Sumut atas kerja-sama, jasa dan pengabdiannya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumut yang bermartabat," tandasnya.


Kehormatan Terbesar
Sementara itu, Gubernur Edy Rahmayadi dalam pidato terakhirnya di sidang paripurna dewan mengatakan, di akhir tugas dan kewenangannya sebagai gubernur akan segera berakhir dan pihaknya menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh masyarakat Sumut, karena telah mempercayakan dirinya memimpin Sumut dalam lima tahun ini, terhitung sejak 5 September 2018 hingga 5 September 2023.
"Ini sebuah kehormatan terbesar dalam hidup saya, serta misi penting yang pernah saya jalankan dalam hidup saya dan telah saya laksanakan dengan sepenuh hati," katanya sembari menambahkan, selama lima tahun ini dirinya merasa bangga dan euforia memimpin daerah ini.
Edy juga menyampaikan sekilas mengenang kondisi Pemprov Sumut pada saat awal dirinya menjabat Gubernur, karena sudah diwariskan hutang berupa kewajiban membayar Dana Bagi Hasil (DBH) pajak daerah kepada kabupaten/kota dengan total Rp2,269 triliun lebih.
"Pembayaran utang tersebut langsung saya putuskan untuk dicicil di P-APBD Sumut TA 2018 sebesar Rp768,380 miliar lebih. Sedangkan 66,14 persen sisanya senilai Rp1,500 triliun lebih, saya bayarkan lunas pada tahun anggaran 2019," katanya.
Kemudian pada tahun 2020, katanya, muncul tantangan besar, yakni datangnya bencana pandemi Covid-19 yang mengharuskan Pemprov Sumut merefocussing kegiatan, anggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganannya,.
"Belajar dari sejarah perjuangan bangsa ini yang pantang menyerah, dengan motto ‘sekali layar terkembang surut kita berpantang’, saya beserta jajaran, di sisa waktu sampai 5 September ini, akan terus berupaya melahirkan berbagai kebijakan, melaksanakan program dan kegiatan," katanya sembari menambahkan, walau hari ini merupakan hari terakhir dirinya menghadiri sidang paripurna DPRD Sumut.
Dalam sisa waktu beberapa hari lagi masa jabatannya akan berakhir, Edy mengaku tetap fokus membangun Sumut demi mengejar cita-cita untuk mewujudkan Sumut yang maju, aman dan bermartabat. (A4/a)


Baca Juga:


Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ketua DPRD SU Ingatkan Kadis PUPR Jangan Tutupi Progres Proyek Multiyears Rp2,7 Triliun
Ketua DPRD SU dan Gubernur Sidak Proyek Multiyears Rp 2,7 T Paket Jalan Sejajar Medan-Berastagi
Gubernur Sumut Lepas Seribuan Jemaat Ikuti Jalan Santai HUT ke-111 HKBP Sudirman
Edy Rahmayadi Lantik 155 Pejabat Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Kepsek
Gubernur Edy Rahmayadi Ajak Marga Pasaribu Galakkan Kembali Konsep Marsipature Hutanabe
Edy Rahmayadi Hadiri Wisuda Institut Deli Husada Delitua
komentar
beritaTerbaru