Minggu, 19 Mei 2024 WIB

Ketua TP-PKK Sergai Ajak Masyarakat Tidak Ragu Donor Darah

Redaksi - Kamis, 19 Agustus 2021 20:50 WIB
379 view
Ketua TP-PKK Sergai Ajak Masyarakat Tidak Ragu Donor Darah
(Foto: Dok/Diskominfo Sergai)
DONOR DARAH:  Ketua TP PKK Sergai, Hj Rosmaida Darma Wijaya melakukan donor darah yang digelar Kwarcab Pramuka Sergai, dalam rangka bulan bakti pramuka ke-60, Senin (9/8/2021).
Sergai (SIB)
Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Serdang-bedagai (Sergai) menggelar aksi donor danah di Sekretariat Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sergai, Senin (9/8), di Kompleks Kantor Bupati, Seirampah.

Kegiatan dalam rangka Bulan Bakti Pramuka ke-60 Tahun 2021 itu didukung PMI Sergai bekerjasama dengan Unit Donor Darah PMI Tebingtinggi serta diikuti Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sergai, Hj Rosmaida Darma Wijaya.

Pada kesempatan itu, Rosmaida mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tidak ragu melakukan donor darah secara berkala. Sebab, berdonor bukan hanya untuk membantu orang yang membutuhkan darah, tapi juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

"Ayo semangat donor darah, karena berdonor buat badan lebih sehat. Selain meningkatkan kesehatan jantung, juga dapat mengurangi resiko kanker dan penyakit lainnya. Badan akan terasa lebih segar. Jadi, bisa meningkatkan imun juga di saat pandemi Covid-19," ujarnya didampingi Ketua PMI Sergai Yanti Handayani Siregar dan Sekretaris PMI Sergai Susilawati di sela kegiatan itu.

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah PMI Tebingtinggi, dr Ade Syahputra menyatakan pihaknya menargetkan 50-70 kantong darah dari aksi tersebut.

"Target kita tentunya seluruh ASN Pemkab Sergai atau masyarakat setempat dengan usia 17 sampai 70 tahun, dan dianggap bisa donor setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan standar," katanya.

Di tengah pandemi saat ini, lanjut Ade, banyak masyarakat yang ragu mendonorkan darahnya karena beberapa alasan, di antaranya takut datang ke Kantor PMI dan ragu lantaran baru divaksin.

Dia mengakui sebenarnya kesadaran masyarakat untuk berdonor sudah meningkat. Tapi karena situasi pandemi, banyak warga yang takut melakukan donor darah.

"Perlu saya informasikan, bagi yang baru saja divaksin bisa melakukan donor darah 3 hari setelah disuntik vaksin dosis pertama kalau tidak ada efek samping dan seminggu setelah vaksin kedua. Kalau ada efek samping, tunggu sampai beberapa pekan guna kehati-hatian. Sebaliknya, masyarakat bisa suntik vaksin sehari setelah berdonor darah," terang dr Ade Syahputra. (C4/d)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Indosat Peduli, Bersama PMI Gelar Donor Darah di 3 Kota
Semarak HBP ke 60, Lapas Pancurbatu Gelar Aksi Donor Darah
Lapas Pematangsiantar Aksi Donor Darah Sambut HBP ke-60
Sambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60, Lapas Tebingtinggi Gelar Donor Darah
Pegawai Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Donor Darah
Sambut Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60, Lapas Tebingtinggi Gelar Donor Darah
komentar
beritaTerbaru