Minggu, 19 Mei 2024 WIB

Pemkab Sergai Komit Bangun SDM dengan Wujudkan "Sekolah Mantab”

Redaksi - Jumat, 19 Januari 2024 18:18 WIB
269 view
Pemkab Sergai Komit Bangun SDM dengan Wujudkan "Sekolah Mantab”
Foto: Dok/Diskominfo
SAMBUTAN: Bupati Sergai, H Darma Wijaya menyampaikan sambutan saat menghadiri Rakorwil Apkasi Provinsi Sumut, di Kantor Bupati Sergai, di Seirampah, Jumat (1/19/2024). 
Sergai (harianSIB.com)
Pemkab Serdangbedagai (Sergai) sesuai program prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang disebut "Sapta Dambaan" (Sapda), berkomitmen membangun sumber daya manusia (SDM) dengan mewujudkan "Sekolah Mantab", yaitu sekolah mandiri, terampil, asri dan berkualitas.

Hal itu disampaikan Bupati Sergai, H Darma Wijaya, saat menghadiri rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Provinsi Sumatera Utara dengan agenda program beasiswa Indonesia Emas Daerah dengan tema “Mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui Beasiswa Indonesia Emas Daerah”, Jumat(19/1/2024), di Kantor Bupati Sergai, Seirampah.

Darma Wijaya mengatakan, salah satu langkah konkret yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, melalui program beasiswa bagi siswa tidak mampu.

Program beasiswa utusan daerah bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), dan program beasiswa luar negeri bekerja sama dengan Yangzhou Politechnic Institute China. Program ini sudah berjalan dari tahun 2017 hingga 2024.

“Alhamdulillah, untuk program beasiswa utusan daerah bekerja sama dengan IPB, sebanyak 15 orang sudah menyelesaikan program studi diploma dan sarjana. Sementara, untuk program beasiswa luar negri Yangzhou-China, ada 10 orang dan baru memasuki semester 2 tahun ini. Sekalipun SMA sederajat dan perguruan tinggi bukan kewenangan kabupaten, namun kami tetap memrioritaskan pendidikan di seluruh tingkatan sebagai target kinerja kabupaten,” ujarnya.

Darma Wijaya menyebut, pembangunan dan peningkatan kualitas SDM di daerah merupakan pondasi dasar bagi masa depan daerah yang cemerlang.

Darma Wijaya yang juga Koordinator Apkasi wilayah Sumut lebih lanjut menyampaikan, berbagai upaya telah dilakukan Apkasi untuk menjawab kesenjangan pendidikan antar daerah, di antaranya melalui program pelatihan matematika dan Bahasa Inggris cepat dan menyenangkan bagi guru-guru di Indonesia, serta program beasiswa ke luar negeri.

Dikatakannya, prioritas Apkasi yaitu program beasiswa Indonesia Emas Daerah bekerja sama dengan 21 perguruan tinggi negeri di daerah.

“Program ini diharapkan dapat mewujudkan pendidikan yang lebih merata dan memfasilitasi tenaga pendidik/kependidikan serta putra-putri terbaik di daerah, untuk mengembangkan keterampilan dan akademik guna menjawab tuntutan era globalisasi yang memaksa generasi muda menguasai keterampilan dan teknologi,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, program beasiswa Indonesia Emas Daerah ini, juga selaras dengan salah satu misi pada rancangan RPJPN, yaitu transformasi sosial menciptakan manusia Indonesia unggul untuk mencapai Indonesia emas 2045.

"Semoga program beasiswa Indonesia Emas Daerah ini berjalan sukses dan mampu melahirkan generasi muda di daerah yang terampil, yang di masa depan akan menjadi agen perubahan bagi pembangunan daerahnya. Hal ini tentu saja dapat terwujud dengan komitmen, sinergi dan kerja sama Apkasi, pemerintah daerah selaku anggota Apkasi, perguruan tinggi negeri dan mitra terkait," katanya.

Turut hadir, Wabup Sergai H Adlin Tambunan, Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dr Himmatul Hasanah, Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, para Bupati selaku Dewan Pengurus Apkasi, Dewan Penasihat Program Beasiswa Indonesia Emas Prof Dr Ir Budi Prasetya Widyobroto, Penanggung Jawab Pelaksana Program dan Tim Konsorsium Program Beasiswa Indonesia Emas Tollaal Badru, para Sekdakab se-Sumut, para Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bappeda, Kepala BKPSDM, dan Kabag Kesejahteraan Rakyat di lingkungan Pemkab se-Sumut. (*)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pasangan Darma Wijaya-Adlin Tambunan Mendaftar ke Partai Gerindra Sergai
Bupati Sergai Buka Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045
Darma Wijaya Minta Perangkat Daerah Tingkatkan Kualitas Pelayanan
Rapat Bersama Ombudsman RI, Darma Wijaya Minta Perangkat Daerah Tingkatkan Kualitas Pelayanan
Bupati Sergai Minta Camat Aktif Turun ke Lapangan Serap Aspirasi Masyarakat
Pemkab Samosir Buka Kick of Meeting KLHS RPJMD 2025-2029
komentar
beritaTerbaru