Kamis, 18 Juli 2024

Kasus Flu Singapura Nihil di Sumut, Dinkes Imbau Waspadai Gejalanya

Leo Bastari Bukit - Rabu, 01 Mei 2024 18:39 WIB
596 view
Kasus Flu Singapura Nihil di Sumut, Dinkes Imbau Waspadai Gejalanya
Foto : iStockphoto/RomoloTavani
Ilustrasi.
Medan (harianSIB.com)

Dinas Kesehatan Kota Medan mencatat di Kota Medan hingga saat ini belum ada laporan kasus Flu Singapura baik dari Puskesmas mapun rumah sakit secara lisan atau, surat maupun melalui (Online SKDR) Sistem Kewaspadaan Dini Respon.

Kepala Dinas Kesehatan Medan melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Medan Edi Subroto mengatakan, penyakit Flu Singapura adalah panyakit tangan, kaki dan mulut karena gejala yang khas ditimbulkan yaitu munculnya lesi pada telapak tangan, kaki dan mulut yang disebabkan secara umum oleh Strain Coxackie Virus, jenis A16 dan penyakit ini sangat menular dan sering terjadi pada anak-anak dan balita.

"Penularan ini melalui cairan hidung/tenggorokan lewat bersin, droplet ludah ketika batuk, cairan luka bakar yg tersentuh permukaan benda yang sudah terkontaminasi penderita," katanya kepada harianSIB.com di Medan, Rabu (1/5/2024).

Ia menyampaikan gejala yang timbul yaitu demam tinggi, sakit tenggorokan, hilang nafsu makan, ada luka lepuh pada lidah, gusi dan bagian dalam pipi, ruam merah, bayi dan balita akan rewel dan sakit perut. "Obat yang dapat digunakan tempra porte, sanmol sirup, orphen dapat dibeli di apotik," ungkapnya.

Cara pencegahan Flu Singapura yakni rutin menjaga kebersihan diri, selalu mencuci tangan, anak tidak boleh mamasukkan benda/barang kemulut, jangan mencium anak yang ada gejala, anak harus diisolasi di rumah atau rumah sakit, melakukan vaksin influenza, istirahat cukup, banyak minum air putih, hindari makan pedas, asam dan makanan keras.

Ia menegaskan di Kota Medan hingga saat ini belum ada laporan kasus Flu Singapura baik dari Puskesmas mapun rumah sakit secara lisan ato surat maupun melalui (Online SKDR) Sistem Kewaspadaan Dini Respon.

Terpisah, Plh Kepala Dinas Kesehatan Sumut melalui Kabid P2P Dinkes Sumut Novita R Saragih mengatakan, infeksi Flu Singapura atau dikenal dengan HFMD (Hand Foot and Mouth Disease) adalah penyakit akibat coxsackievirus dan enterovirus.

Umumnya banyak terjadi pada anak bayi dan anak di bawah 10 tahun walaupun boleh terjadi pada orang dewasa.

"Kasus Flu Singapura di Sumut belum ada ditemukan alias nihil. Provinsi Sumut dalam hal ini setiap minggunya menganalisis SKDR kabupaten/kota dan rumah sakit," sebutnya.

Ia mengimbau masyarakat melakukan PHBS, cuci tangan pakai sabun, hindari kontak dengan orang sakit, pakai masker pada suasana tertentu, misalnya di keramaian. (*)


Baca Juga:
Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Dua Faktor Kunci untuk Kebangkitan RS Pirngadi Medan
Bobby Nasution : Reforma Agraria Upaya Penting dan Strategis dalam Mewujudkan Keadilan
Ketua DPRD Medan Minta Perwal Parkir Berlangganan Ditinjau Ulang
Bagikan 40 Ribu Seragam dan Perlengkapan Sekolah, Wali Kota Medan Berharap Bantuan Tepat Sasaran
Oknum Petugas Dishub Sebut Parkir Berlangganan Persetujuan DPRD
Bobby Nasution Bersama AMS XII Nobar Film Harta Tahta Boru Ni Raja
komentar
beritaTerbaru