Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Bank Sumut Luncurkan Program GeTaPin

Pemkab Nias Jadikan Pisang Nias Produk Unggulan Mendunia
Nelly Hutabarat - Kamis, 23 Mei 2024 20:07 WIB
413 view
Bank Sumut Luncurkan Program GeTaPin
Foto dok Humas BS
Dirut Bank Sumut Babay bersama sejumlah pejabat di Nias bertekad agar pisang Nias mendunia.
Nias (harianSIB.com)
Bank Sumut meluncurkan Program Gerakan Tanam Pisang Nias atau disingkat GeTaPiN bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias, Selasa (21/5/2024) lalu.

Peluncuran program tersebut diawali dengan peninjauan lokasi kebun pisang milik warga Desa Hilibadalu seluas 5 hektar, kemudian dilanjutkan ke lokasi lahan demplot percontohan untuk Gerakan Tanam Pisang Nias.

Penanaman pisang Nias oleh Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Dirut Bank Sumut dan Pimpinan Bank Sumut Cabang Gunungsitoli.

Baca Juga:

Direktur Utama Bank Sumut Babay Parid Wazdi dalam siaran pers, Kamis (23/5/2024), mengatakan program GETAPIN ini bagian dari program Martabe Sumut yakni singkatan dari Mari Tingkatkan Aksi Bangun Desa di Sumatera Utara. Tujuannya tidak hanya untuk memberikan edukasi yang komprehensif tentang budidaya pisang yang efektif tetapi juga mempertimbangkan peluang dan prospek ekonomi yang signifikan ke depannya.

"Program ini tidak hanya akan menciptakan pendapatan dari penjualan pisang berkualitas, tetapi juga berpotensi membuka peluang baru melalui penjualan sertipikat karbon dari program penghijauan yang dilakukan.

Baca Juga:

" Kedepannya kita bukan hanya menjual pisang, ataupun produk olahan pisang seperti keripik, olahan tepung, dan sebagainya tetapi kita juga bisa dapat memanfaatkan penjualan sertipikat karbon, yang potensinya cukup besar. Hal ini nantinya akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan perekonomian daerah," ujarnya.

Selain itu, Babay Parid juga menyampaikan rencana program lanjutan seperti pemanfaatan batang pisang dan jagung yang selama ini sering diabaikan namun sebenarnya dapat diolah untuk dijadikan pakan ternak dan pemanfaatan pisang kepok Nias mulai dari bonggol, batang, buah dan daun agar bernilai ekonomis.

Babay berharap Gerakan GETAPIN ini dapat dikerjakan dengan komitmen yang kuat agar program ini dapat berjalan dengan baik dan menjadi role model untuk dapat diterapkan pada program-program lainnya.

"Ke depannya Bank Sumut akan menyiapkan alat untuk produk olahan pisang, seperti keripik pisang, juga mesin pencacah batang pisang ataupun batang jagung. Harapannya program GETAPIN ini berjalan dengan baik sehingga kita dapat melaksanakan program-program lanjutan yang berkesinambungan," imbuhnya.

Dia juga berharap program GETAPIN ini akan bergulir ke seluruh wilayah Nias dan menjadi sebuah program yang dapat dimonitor dengan baik.


Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Loket Pembayaran Bank Sumut Terima Setoran Rp 126 Miliar Dari 150 Wajib PBB
Website PON 2024 Resmi Diluncurkan, Bank Sumut Siap Sukseskan PON Aceh - Sumut
Dukungan KUR Bank Sumut, Shaqi Bakery Perkaya Variasi Produknya
Bank Sumut Raih Penghargaan Excellent for The Financial Performance During September 2022-2023
Dituduh Gelapkan Agunan Debitur di Aeknabara, Ini Penjelasan Bank Sumut
Dirut Bank Sumut Bersama Para Tokoh Sumut Saksikan Bersama Film Lafran
komentar
beritaTerbaru