Minggu, 19 Mei 2024 WIB

TNI AL Buka Pendaftaran Calon Bintara dan Tamtama PK

Redaksi - Kamis, 21 Desember 2023 12:25 WIB
320 view
TNI AL Buka Pendaftaran Calon Bintara dan Tamtama PK
ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Ilustrasi 
Belawan (SIB)
TNI AL membuka pendaftaran calon Bintara PK pria dan wanita serta calon Tamtama PK gelombang II tahun anggaran 2024. Persyaratan bagi calon Bintara PK Pria dan wanita, WNI beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, setia NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat buka Dikma, sehat jasmani dan rohani, berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas, tinggi badan 163 centimeter untuk Caba pria dan minimal 157 centimeter Caba wanita dengan berat badan seimbang.

Berizajah minimal SMA/MA/SMK dengan jurusan ditentukan, NA rata-rata (UAN + UAS) minimal 55.00, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama.

Bersedia menjalani ikatan dinas pertama paling lama 10 tahun terhitung saat dilantik, bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI, bagi yang bekerja melampirkan surat persetujuan dari instansi tempat bekerja/ terkait dan surat pernyataan bersedia diberhentikan apabila diterima.

Bebas dari Narkoba, dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba, tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, berdomisili sesuai KTP minimal 12 bulan di wilayah panitia daerah/tempat pendaftaran terdekat yang dinyatakan sah secara administrasi maupun fakta terhitung dari tanggal pembukaan pendaftaran online.

Sedangkan persyaratan untuk Calon Tamtama, WNI beriman dan bertaqwa kepada TYME, setia NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD1945, pria berusia maksimal 22 tahun dan minimL 17 tahun 9 bulan saat buka Dikma, sehat jasmani dan rohani, berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas, tinggi badan minimal 163 centimeter, berijazah minimal SMP sederajat, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama, bersedia menjalani ikatan dinas pertama paling lama selama 10 tahun terhitung saat dilantik, bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.

Bagi yang bekerja, melampirkan surat persetujuan dari instansi tempat bekerja, dan surat pernyataan bersedia diberhentikan apabila diterima, bebas dari narkoba, dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba.

Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berfasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, dan bagi calon dari tempat pendaftaran Satdik 1, 2 dan 3 berdomisili minilam 36 bulan di wilayah panutia daerah/tempat pendaftaran terdekat, dan bagi calon dari tempat pendaftaran non Satdik, berdomisili minimal 12 bulan di wilayah panitia daerah/tempat pendaftaran terdekat, yang dinyatakan sah secara administrasi maupun fakta, terhitung dari tanggal pembukaan pendaftaran online.

Calon mendaftarkan diri secara online dan mengisi formulir pendaftaran melalui internet dengan alamat website al.rekrutmen - tni.mil.id.

Daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran dan dokumen asli antara lain Akte Kelahiran, KTP Calon, KTP Orang Tua Wali, Kartu Keluarga, BPJS, Ijazah dan SKHUN SD, SMP dan SMA/MA/SMK, masing-masing difoto copy satu lembar, pas photo hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 centimeter dua lembar, 3 x 4 centimeter satu lembar serta 2 buah stopmap warna merah untuk tamtama dan warna biru untuk bintara.

Persyaratan lain bagi Calon Bintara PK Pria dan Wanita serta Tamtama PK TNI AL, jika ada, lampirkan sertifikat/piagam prestasi yang dimilki, seleksi tingkat daerah dilaksanakan di lokasi yang akan disampaikan oleh panitia daerah/tempat pendaftaran masing-masing.

Bagi yang lulus seleksi tingkat daerah akan dikirim ke Latepal Malang untuk mengikuti seleksi tingkat pusat dengan biaya negara, calon yang dinyatakan tidak lulus akan dikembalikan ke daerah asal pendaftaran dengan biaya negara.

Calon hanya dibenarkan mendaftar disatu tempat pendaftaran, memiliki kartu BPJS atau kartu jaminan kesehatan dan sejenisnya dengan status aktif dan untuk persyaratan jurusan SMK dapat dilihat pada link al.rekrutmen-tni.mil.id/bapk/halaman/berita/persyaratan/al.

Pendaftaran online, 5 Desember 2023 - 4 Januari 2024, validasi 12 Desember - 4 Januari 2024, tempat pendaftaran Mako Lantamal I Belawan, Mako Lanal Dumai, Mako Lanal Lhokseumawe, Mako Lanal Tanjungbalai Asahan dan Mako Lanal Simelue.(**)

SHARE:
Tags
beritaTerkait
TNI AL Lanal TBA Gagalkan Pengiriman 4 PMI ke Malaysia
Anggota TNI AL dan Brimob Bentrok di Sorong, 5 Personel Terluka
Brimob dan TNI AL Bentrok di Pelabuhan Sorong, 5 Orang Terluka
DPRD SU Minta Panglima TNI Pecat dan Hukum Berat Serda PM AAM Pembunuh Iwan Sutrisman
Serda AAM Bunuh Casis Bintara Iwan Telaumbanua
TNI AL Gelar Mudik Gratis Naik Kapal Perang
komentar
beritaTerbaru