Rabu, 17 Juli 2024

DPRD SU Apresiasi Kinerja Pemprov Sumut Raih Opini WTP ke-10 Kali Berturut-turut

Firdaus Peranginangin - Selasa, 28 Mei 2024 16:57 WIB
332 view
DPRD SU Apresiasi Kinerja Pemprov Sumut Raih Opini WTP ke-10 Kali Berturut-turut
Foto: Dok/ SIB/Firdaus Peranginangin
SERAHKAN: Anggota V BPK RI Ahmadi Noor Supit menyerahkan hasil pemeriksaan LKPD Pemprov Sumut TA 2023 kepada Ketua DPRD Sumut Sutarto disaksikan Pj Gubernur Sumut Hassanudin dan Wakil Ketua DPRD Sumut H Harun Mustafa Nasution, Senin (27/5/2024).
Medan (harianSIB.com)
Pimpinan dan anggota DPRD Sumut mengapresiasi kinerja Pemprov Sumut yang telah berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Sumut Tahun Anggaran (TA) 2023.

Raihan WTP ini merupakan yang kesepuluh secara berturut-turut sejak 2015 hingga sekarang.


Apresiasi tersebut disampaikan Ketua DPRD Sumut Sutarto MSi, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Mangapul Purba SE, anggota Fraksi Hanura Ebenejer Sitorus kepada wartawan, Selasa (28/5/2024), di DPRD Sumut, menanggapi laporan hasil pemeriksaan BPK RI terhadap LKPD Pemprov Sumut 2023 yang kesepuluh kalinya diraih Pemprov Sumut secara berturut-turut.

Baca Juga:

"Kita merasa bangga dan senang, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI telah menyerahkan laporan hasil pemeriksaan LKPD Pemprov Sumut TA 2023 kepada Pemprov Sumut dan DPRD Sumut dengan opini WTP. Ini merupakan prestasi yang tak ternilai harganya atas kinerja Pemprov Sumut," ujar Sutarto.


Mangapul juga menyampaikan rasa bangganya terhadap penilaian opini WTP yang diserahkan BPK RI pada rapat paripurna DPRD Sumut dalam agenda penyerahan laporan hasil pemeriksaan LKPD Pemprov Sumut TA 2023 yang berlangsung, Senin petang (27/5/2024), di ruang paripurna DPRD Sumut.

Baca Juga:

Berkaitan dengan itu, Ebenejer Sitorus menekankan kepada Pemprov Sumut untuk terus meningkatkan kinerjanya, agar LKPD Pemprov Sumut pada tahun 2024, masih dapat meraih opini WTP, sehingga peningkatan pembangunan di daerah ini terus berjalan lancar.


Langkah konkret sebelumnya, anggota V BPK RI Ahmadi Noor Supit juga mengapresiasi capaian Pemprov Sumut yang berhasil meraih WTP ke-10 berturut-turut. Dalam hal ini, BPK RI mendorong agar Pemprov Sumut mengambil langkah lebih konkret untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Tidak hanya fokus WTP, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan rakyat terutama stunting 18,9 persen, masih lebih rendah dari nasional, tetapi perlu dikejar hingga 14 persen," ujar Ahmadi sembari menambahkan, pihaknya juga menyoroti terkait infrastruktur jalan di Dunit, tuan rumah PON 2024 dan Pilkada serentak dan berharap agar semuanya bisa berjalan lancar


Ahmadi Noor Supit juga berharap Pemprov Sumut segera menyelesaikan rekomendasi BPK RI untuk LPKD 2023 dan sampai saat ini pemprov Sumut telah menyelesaikan 81,72 persen rekomendasi BPK RI, melebihi target nasional yang sebesar 75 persen.


"Sudah melebihi target nasional 75 persen, tetapi kita harap segera diselesaikan rekomendasi tersebut agar tidak menjadi beban pada Gubernur selanjutnya," kata Ahmadi.

Motivasi

Sementara itu, Pj Gubernur Sumut Hassanudin mengatakan, opini WTP merupakan sebuah kewajiban bagi pemerintah sebagai bentuk standarisasi laporan keuangan, akuntabilitas dan kepatuhan pada undang-undang. Dia berharap, ini menjadi budaya bagi Pemprov Sumut dan menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja.


"Ini bukan prestasi, tapi merupakan keharusan bagi pemerintah sebagai bentuk tanggung jawab kita mengelola uang rakyat, saya harap ini menjadi budaya di Pemprov Sumut dan meningkatkan motivasi kerja," kata Hassanudin.


Ia juga menegaskan, Opini WTP merupakan hasil kerja keras Pemprov Sumut dalam pengelolaan keuangan daerah. Namun demikian, hal yang lebih penting menurutnya, kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat.


'WTP merupakan hasil kerja keras kita bersama, namun yang lebih penting lagi, bagaimana kita bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat, lewat peningkatan kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, infrastruktur dan lainnya," kata Hassanudin. (**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
DPRD SU Minta Penegak Hukum Usut Tuntas Pelaku Pembakaran Hutan Lindung di Danau Toba
Pemerintah Terus Kebut Perbaikan Kolam Renang Selayang
Ketua DPRD SU Desak KPID Tingkatkan Pengawasan Jelang Pilkada
Proyek IPA Kapasitas 900 Liter/Detik di Johor dan Pulo Brayan Rencana Selesai Desember 2024
Pemerhati Pembangunan Datangi 9 Fraksi DPRD SU Minta Lanjutkan Proyek Multiyears Rp2,7 Triliun
Ketua DPRD SU Dorong PB PON XXI Libatkan Mahasiswa Meriahkan Perhelatan PON XXI Sumut - Aceh
komentar
beritaTerbaru