Senin, 15 Juli 2024

Petani Peserta AUTP di Sumut Minim, Target Lahan 2,5 Juta yang ada Baru 339,5 hektar

Nelly Hutabarat - Rabu, 12 Juni 2024 21:13 WIB
618 view
Petani Peserta AUTP di Sumut Minim, Target Lahan 2,5 Juta yang ada Baru 339,5 hektar
Ist/SNN
Ilustrasi AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi).
Medan (harianSIB.com)
Masih banyak petani di Sumatera Utara yang belum menjadi peserta AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi). Ada anggapan tanaman mereka tidak mengalami musibah yang membuat gagal panen, sehingga tidak merasa penting ikut AUTP.

Hal itu diungkapkan Ade Hotmatua Sitompul, Analis sarana Prasarana Pertanian Ahli Muda di Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut kepada SIB News Network (SNN), Rabu (12/06/2024).

Ia menyebutkan, hingga saat ini jumlah petani yang menjadi peserta AUTP di Sumut hanya 256 petani di 2 kabupaten. Mereka ini tergabung dalam 5 kelompok tani dengan total lahan seluas 339,5 hektar untuk musim tanam April hingga Desember 2024 .

Baca Juga:

"Padahal target lahan di Sumut seluas 2,5 juta lahan, "ungkapnya.

Ia merinci, 2 kabupaten itu yakni Labuhan Batu Utara dengan jumlah 207 petani, tergabung dalam 4 kelompok tani dengan lahan seluas 299 hektar. Kemudian, Asahan dengan 49 petani tergabung dalam 1 kelompok tani dengan lahan 40,5 hektar.

Baca Juga:

Menurut Ade, menjadi peserta AUTP memberikan perlindungan kepada petani dari ancaman risiko gagal panen sebagai akibat risiko banjir, kekeringan, penyakit dan serangan organisme pengganggu tanaman.

Disebutnya, menjadi peserta AUTP, petani mendapat bantuan premi dari pemerintah sebesar Rp 180.000, namun yang dibayar petani menjadi Rp 36.000 saja, dengan pertanggungan maksimal Rp 6.000.000 per hektar.

Adapun kriteria petani yakni, petani penggarap atau petani pemilik lahan maksimal 2 hektar. Kriteria lahan yakni lahan irigasi atau lahan tadah hujan yg dekat dengan sumber air.

Ganti rugi yang diberikan yakni, umur padi sudah melewati 10 hari tanam (HST).

"Kami terus melakukan sosialisasi kepada petani langsung di lapangan agar mereka mau menjadi peserta AUTP guna meningkatkan produksi tanaman padi terutama petani ," ujar Ade.

Perlindungan AUTP melalui program pemerintah ini, katanya, Jasindo Agri
sebagai perusahaan asuransi yang ditunjuk pemerintah sebagai pelaksana program yang memiliki beberapa produk asuransi yang mendapat dukungan dari pemerintah.(*)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
KPU Sumut Sosialisasikan Tahapan Pencalonan Gubernur dan Wagub 2024
Pasokan Pupuk ke Petani Diklaim Aman, Jokowi: Subsidinya Naik Dua Kali Lipat
Dinas Pertanian Taput Proses Usulan Petani untuk Bantuan Bibit dari Provinsi Sumut
Investor Pasar Modal Dilindungi SIPF
Investor Pasar Modal Dilindungi SIPF
Badan Kesbangpol Sumut Sosialisasi Pilkada di Toba
komentar
beritaTerbaru